Sertifikat Kartu Prakerja Terkendala? Ini Solusinya

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFinance
Senin, 20 Sep 2021 18:52 WIB
Kartu Prakerja
Foto: Kartu Prakerja (M Fakhri Aprizal/Tim Infografis)
Jakarta -

Pemerintah kembali memperpanjang Program Kartu Prakerja hingga akhir 2021 mendatang. Adapun para peserta yang lolos nantinya akan menerima manfaat pelatihan senilai Rp 1 juta dan uang senilai Rp 2,4 juta, yang dicicil penerimanya.

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja menyampaikan peserta yang sudah selesai mengikuti pelatihan juga akan mendapat sertifikat pelatihan. Sertifikat umumnya akan muncul pada dashboard situs Kartu Prakerja paling lambat satu hari setelah PMO menerima laporan penyelesaian pelatihan dari platform digital.

Meski demikian, sejumlah peserta terkadang belum mendapat sertifikat karena adanya kendala jaringan internet. Jika hal ini terjadi, PMO meminta peserta agar menghubungi contact center resmi.

"Jika sertifikat belum muncul, kamu dapat menghubungi contact center Platform Digital," ungkap PMO melalui unggahan di Instagram @prakerja.go.id, dikutip Senin (20/9/2021).

Di samping itu, peserta juga dapat melakukan pengaduan dengan mengisi formulir di situs KartuPrakerja, serta menyertakan screenshot dashboard di bagian sertifikat. Sementara jika terdapat kesalahan penulisan pada sertifikat, maka peserta dapat menghubungi lembaga pelatihan untuk konfirmasi lebih lanjut.

"Jika link sertifikat di dashboard tidak bisa dibuka, pastikan dahulu jaringan internet dalam kondisi baik dan stabil. Bila masih menemui kendala, Sobat bisa coba mengisi formulir pengaduan," papar PMO.

"Pastikan Sobat menggunakan nama asli di profil akun platform digital dan lembaga pelatihan agar nama di sertifikat sesuai dengan nama asli," terang PMO.

Informasi selengkapnya dapat dilihat di www.prakerja.go.id/tanya-jawab.

(ncm/ncm)