Cara Kreatif Para Pebisnis yang Bangun Usaha dari Nol hingga Cuan

Angga Laraspati - detikFinance
Selasa, 21 Sep 2021 14:12 WIB
Ilustrasi pebisnis
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Dalam menjalankan bisnisnya, para pengusaha selalu mencari cara yang tepat untuk membawa perusahaan yang mereka pimpin meraup keuntungan walau mereka memulainya dari nol. Bahkan, mereka juga memiliki beberapa ide sampai cara gila yang kreatif agar bisa meraih keuntungan atau cuan.

Di dunia ini bahkan ada beberapa pengusaha yang memulai usahanya benar-benar tanpa modal. Inilah yang membuat mereka lebih pintar dalam mencari ide-ide gila untuk mengembangkan bisnisnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dilakukan oleh para pengusaha hebat yang mengembangkan usahanya dengan cara gila tetapi kreatif yang dilansir dari entrepreneur.

Melibatkan Komunitas

Salah satu pendiri sebuah toko donat di St.Louis, Amerika Serikat yang bernama Jason Bockman punya sebuah ide gila untuk mengembangkan bisnisnya, walau dirinya tidak punya uang yang banyak. Ia pun mengadakan sebuah turnamen game.

Acara itu pun menarik 200 penduduk setempat untuk bersaing, sembari mencicipi donat yang ia jual. Ternyata kegiatan yang hanya menggunakan sedikit biaya tersebut sukses besar. Lomba itu pun sukses mengumpulkan US$ 20.000.

Ia pun membuat kampanye Kickstarter selanjutnya dan juga berhasil mengumpulkan US$ 12.000. Kini, usaha donat milik Jason sudah memiliki dua lokasi serta waralaba di Mexico City. Para investor pun menilai apa yang dilakukan oleh Jason sebagai ide yang gila.

Jangan Menyerah dari Kegagalan

Pendiri dan CEO Showpo, Jane Lu juga punya cerita unik dalam membawa Showpo dikenal di 80 negara dan punya penjualan US$ 100 juta pada tahun 2020. Pada usianya yang masih muda yaitu 24 tahun, Jane memutuskan menjadi seorang wirausaha.

Tapi usaha itu gagal dan meninggalkan utang US$ 60.000. Walau begitu ia tak mau mengakui kegagalan tersebut kepada orang tuanya. Ia pun berbohong dan mengatakan bekerja di salah satu perusahaan.

Dia akhirnya mampu membangun situs web, membeli inventaris dan membeli sebuah ruko dengan kartu kreditnya. Ia pun menutupi itu semua ke orang tuanya selama 18 bulan, sebelum akhirnya memberi tahu soal Showpo.

"Saya memberi tahu mereka, 'Saya akan melunasi hipotek Anda, dan saya membelikan Anda mobil'. Mereka tidak bisa mempercayainya,"kata Jane dilansir dari Entrepreneur.

Pemasaran Kreatif

Pendiri dan CEO Farmgirl Flowers, Christina Stembel punya cara yang unik dan kreatif untuk memasarkan karangan bunganya di San Fransisco. Setiap pagi, ia membuat semua karangan bunga untuk kliennya dan juga karangan bunga tambahan yang dikirimkan secara gratis ke kedai kopi bersama setumpuk 50 kartu nama.

"Saya akan kembali setiap minggu dan menghitung berapa banyak kartu nama yang tersisa," kata Christina.

Dengan mengetahui karangan bunganya habis, secara otomatis ia pun menemukan target pasarnya. Marketing yang ia lakukan pun sukses dan berhasil membuat bisnis yang ia jalani menjadi lebih berkembang.

Itu tadi beberapa kisah sukses yang dimiliki oleh beberapa wirausahawan. Walau bisnis yang mereka dimulai dari modal yang tidak banyak, tapi mereka sudah bisa membuat sebuah gebrakan dan membuat bisnis yang dijalani meraup cuan.

Tentunya, dalam merencanakan strategi pemasarannya tersebut mereka juga ditemani oleh beberapa tim dan juga teman yang punya ide gila yang sependapat dengannya. Di zaman saat ini, jangan lupakan juga peranti untuk meningkatkan produktivitas dalam mengembangkan usaha yang dijalankan.

Anda pun juga bisa menggenjot produktivitas dengan menggunakan sebuah peranti atau gawai yang tepat. Salah satunya adalah deretan laptop ASUS OLED yang didesain nyaman untuk penggunaan dalam waktu yang lama.

Hal ini yang juga diungkap dalam sebuah survei yang dilakukan detikcom kepada beberapa orang. Salah satunya adalah Karel Anderson yang mengatakan selama WFH laptop dari ASUS Ini sangat membantu kenyamanan mata.

detikcom Foto: detikcom
(prf/hns)