Kios-kios ITC Kuningan Dijual hingga Disewakan, Segini Kisaran Harganya

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 21 Sep 2021 17:17 WIB
Kios ITC Kuningan tutup/Aulia Damayanti-detikcom
Foto: Kios ITC Kuningan tutup/Aulia Damayanti-detikcom
Jakarta -

Menyerah sejak pandemi melanda. Kios-kios di ITC kuningan banyak yang ditinggalkan pemiliknya. Ada yang disewakan hingga dijual.

Detikcom mencoba menghubungi beberapa nomor yang ditempel di depan toko. Salah satunya mengatakan, untuk kios yang letaknya di lantai 1 dan dekat eskalator ditawarkan harga jualnya Rp 700 juta.

"Itu lantai 1 dekat eskalator bagus makanya dia (pemiliknya) nawarinnya besar. Bagus itu," tutur salah satu perantara pemilik kios, kepada detikcom, Selasa (21/9/2021).

Sementara, kios yang letaknya di lantai dasar dan letaknya tidak dekat eskalator, ditawarkan sebesar Rp 500 juta.

"Ada juga yang disewakan harganya ya disesuaikan tempatnya di mana. Segitulah (setengah dari Rp 30 jutaan). Tapi tergantung letaknya di mana," ujarnya.

Ditempat lain, ada juga kios dijual di lantai 4. Posisinya di belakang bukan di dekat eskalator. Harga yang ditawarkan Rp 150 juta per unit itu.

"Dijual toko/kios. Lokasi ITC Mall Ambassador Lt 4 Blok B7 No 8. LB 6,27 M2. Harga Rp 150.000.000/unit," tulis keterangan di depan kios.

Sementara untuk harga sewa, salah satu pemilik kios handphone mengatakan harga sewa untuk kios yang posisinya di dalam harganya anjlok 50% dari normal.

"Saya sewa ini kan Rp 24 juta per tahun. Kalau ini toko yang disewa ini paling jadi belasan juta aja. Misal jadi Rp 1 jutaan per bulan. Kalau setahun ya belasan dong," kata Agung kepada detikcom, Selasa (21/9/2021).

Lalu, untuk segmen kios yang di depan harga normalnya Rp 90 juta -Rp 100 juta/ tahun. "Itu juga pasti harganya jatoh 50% juga," tuturnya.

Lalu penjahit yang posisinya di lantai semi dasar, bernama Arman mengatakan untuk toko yang dekat toko dia harga sewanya ditawarkan miring. Dari normalnya Rp 20-30 juta pertahun sekarang bisa belasan juta saja.

"Itu harga toko-toko yang kecil terus posisinya di dalam ya, kalau di depan bisa lebih mahal. Tapi harganya juga pasti direndahin," pungkasnya.

Lihat juga video 'Obral Kios Pasar Tanah Abang Akibat Pandemi Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)