Top! Startup Asal Medan Ini Bikin Kirim Duit ke Luar Negeri Lebih Gampang

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 08:59 WIB
Infografis ketentuan wajib bayar THR
Top! Startup Asal Medan Ini Bikin Kirim Duit ke Luar Negeri Lebih Gampang
Jakarta -

Salah satu perusahaan rintisan atau startup pengiriman uang cross border atau ke luar negeri Topremit masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia dan Indonesia. detikers sudah tahu belum layanan yang diberikan Topremit ini?

Co Founder Topremit Hermanto Wie mengungkapkan jika Topremit ini merupakan layanan pengiriman uang ke berbagai negara dengan biaya yang terjangkau. Sehingga tidak memberatkan pengirim.

Biasanya jika ingin mengirimkan uang ke luar negeri akan dikenakan biaya hingga puluhan dolar AS dalam satu kali transaksi. Tapi dengan aplikasi Topremit ini pengiriman uang mulai dari Rp 45 ribu.

"Jika pengiriman dengan layanan konvensional bisa dikenakan biaya US$ 25 dolar, transaksi dengan Topremit ini bisa mulai dari Rp 45 ribu. Biaya pengiriman dibebankan ke pengirim, sehingga uang yang diterima itu utuh atau penuh," kata dia saat berbincang dengan detikcom, Rabu (21/9/2021).

Hermanto menjelaskan Topremit ini sebelumnya merupakan usaha kedua orang tuanya dan sudah melayani jasa pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri. Namun seiring berkembangnya zaman, digitalisasi menjadi sangat dibutuhkan oleh pengirim maupun penyelenggara.

Hal ini agar pengiriman uang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Sehingga pengirim tak perlu lagi membuang waktu dan tenaga ketika ingin mengirimkan uang ke luar negeri.

Karena itu, Hermanto dan adiknya Henry Wirawan terbang dari Medan ke Jakarta untuk mengikuti event startup. Sejak itu dia yakin jika metode pengiriman uang ke luar negeri milik orang tuanya bisa go digital dan meninggalkan layanan tradisional.

"Usaha ini dibangun pada 2009, kemudian 2016-2017 ikut event startup dan kita launching 2018 di iOS dan Android. Saat itu kita jadi pionir layanan remitansi online di Indonesia," jelas dia.

Lihat juga video '15 Startup Terbaik 'Bangkit 2021' Terima Modal hingga Rp 140 Juta!':

[Gambas:Video 20detik]