RI Pernah Kedatangan Kargo Super Raksasa, Begini Bentuknya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 12:53 WIB
Kargo Raksasa
RI Pernah Kedatangan Kargo Super Raksasa, Begini Bentuknya
Jakarta -

Kehadiran kargo raksasa untuk proyek refinery development master plan (RDMP) Balikpapan sempat membuat publik heboh. Bagaimana tidak, berat dari kargo itu sampai beberapa kali berat pesawat ukuran jumbo.

Terkait proyek RDMP Balikpapan itu sendiri, melalui anak usaha subholding Refining & Petrochemical yakni PT Kilang Pertamina Balikpapan (PT KPB) saat ini terus mencapai progres untuk pembangunan unit-unit penting bagian dari kilang.

Melansir dari CNBC Indoneisa, salah satu unit yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan adalah Unit Alkilasi proyek RDMP Balikpapan. Alkylation Reactor (C-065-03) merupakan salah satu equipment penting dalam Unit Alkilasi yang memiliki fungsi utama untuk menghasilkan produk alkylate yang merupakan high-octane blending component.

Alkylate ini nantinya akan menjadi salah satu input dari proses Gasoline Blending untuk menghasilkan produk Gasoline yang berkualitas tinggi.

Kargo RaksasaKargo Raksasa Foto: Dok.PT LV Logistics Indonesia

Sebelumnya PT KPB telah sukses melakukan lifting Alkylation Reactor Equipment tersebut pada Sabtu (21/8) lalu. Equipment yang diproduksi oleh PT Sewon Cellontech Co Ltd, Korea ini memiliki tinggi sekitar 49,65 meter, diameter luar sekitar 10 meter, dan berat sekitar 418,07 Ton. Dengan dimensi ukuran dan berat peralatan yang cukup besar maka untuk melakukan lifting digunakan Crane berkapasitas 1600 ton.

Dengan terpasangnya rangkaian peralatan ini memberikan kontribusi pada progres proyek sebesar 0,2%. Berdasarkan laporan terakhirnya pada 12 Agustus 2021, progres proyek RDMP Balikpapan secara keseluruhan mencapai 38,80%.

Direktur Pengembangan PT KPB, Djoko Koen Soewito menegaskan kembali komitmen perusahaan, "Sebagai pengelola proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan dan Lawe-Lawe yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN), PT KPB berkomitmen dapat meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi standar EURO V sehingga lebih ramah lingkungan."

Selama pandemi berlangsung, pengerjaan proyek RDMP Balikpapan dilaksanakan dengan mematuhi protokol pencegahan Covid 19 secara ketat. Aspek safety juga selalu menjadi perhatian penuh, dimana pekerja wajib mengenakan Alat Pelindung Diri sesuai ketentuan serta menerapkan aturan terkait safety lainnya. Mahakarya Kilang Pertamina Balikpapan akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dalam cita-cita mewujudkan Ketahanan, Kemandirian, dan Kedaulatan Energi Indonesia.

Simak juga Video: Kronologi Hilangnya Pesawat Kargo Rimbun Air di Intan Jaya Papua

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)