Bermodal Google Translate, Seller Lokal Bisa Jualan Keliling Dunia

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 14:38 WIB
concept search, customer service operator woman with headset, globe, flags and magnifying glass
Ilustrasi Google Translate (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Perbedaan bahasa tak lagi menjadi penghalang bagi seseorang untuk menjual barang ke luar negeri. Seperti yang dibuktikan oleh Zulfi Suhendra, pria yang memiliki pekerjaan sampingan berjualan koleksi jaket bertema militer. Pelanggannya sudah merambah sampai ke Taiwan dan Italia. Padahal dia tak bisa berbahasa kedua negara tersebut.

Kendala bahasa dia akali dengan memanfaatkan layanan translator online seperti Google Translate. Cara tersebut efektif karena dia mengaku tak ada kendala saat melakukan percakapan dengan konsumen.

"Ini kan pasar saya ya, ini kesempatan saya untuk merambah ke luar negeri, saya nggak ngomong 'sorry saya nggak ngomong bahasa Italia' saya nggak ngomong kayak gitu, saya copy apa maksudnya dia, saya copy ke Google Translate, oh dia ternyata minat sama jaket saya. Akhirnya sampai sekarang dia ngomongnya bahasa Italia terus," katanya kepada detikcom, Rabu (22/9/2021).

Terkadang, Zulfi bahkan menyampaikan kepada konsumennya bahwa dia menggunakan Google Translate saat melakukan percakapan. Si konsumen pun tak mempermasalahkan hal tersebut.

Dia juga memanfaatkan Google Translate saat membeli jaket bekas dari luar negeri. Jadi jaket-jaket yang dia jual dia dapatkan dari beberapa negara, terutama Thailand dan Malaysia. Zulfi mencari barang sampai ke negeri seberang karena pasokan di dalam negeri semakin langka. Proses pencarian barang pun dia memanfaatkan Google Translate.

Begitu mendapatkan barang yang diincar, dia langsung menghubungi penjualnya, tentunya masih menggunakan Google Translate karena perbedaan bahasa itu. Namun ada beberapa yang bisa mengerti bahasa Inggris sehingga proses transaksi menjadi lebih mudah.

"Saat mereka nggak bisa bahasa Inggris sama sekali saya pakai Google Translate lagi. Jadi saya ngomong pakai bahasa Inggris atau pakai bahasa Indonesia di Google Translate, ketik di Google Translate, saya translate langsung saya copy saya masukin ke chat mereka. Mereka jawab apa, muncul jawabannya pakai tulisan-tulisan Thailand gitu, saya copy lagi saya masukin Google Translate. Jadi percakapannya kayak gitu. Itu sangat-sangat membantu," tambah Zulfi.

(toy/dna)