Apa Itu Evergrande? Simak Penjelasannya di Sini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 15:26 WIB
Evergrande
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Evergrande Group jadi perbincangan beberapa hari ini. Sorotan diberikan kepada perusahaan asal China ini karena terancam bangkrut imbas dari sulitnya membayar utang dan bunga bank.

Apa itu Evergrande? Mungkin pertanyaan ini akan terlintas bagi orang yang baru mengikuti beritanya.

Dilansir Forbes, Rabu (22/9/2021), Evergrande adalah sebuah grup perusahaan induk investasi, yang bergerak dalam pengembangan, investasi, dan pengelolaan properti real estate. Perusahaan ini didirikan pada 26 Juni 2006 dan berkantor pusat di Shenzhen, China.

Perusahaan juga bergerak di bidang konstruksi properti, operasional hotel, bisnis keuangan, bisnis internet, hingga bisnis industri kesehatan.

Dikutip dari situs resmi perusahaan, Evergrande Group saat ini memiliki delapan anak usaha yang bergerak di berbagai industri besar. Seperti Evergrande Real Estate, Evergrande New Energy Auto, Evergrande Property Services, HengTen Networks, FCB, Evergrande Fairyland, Evergrande Health, dan Evergrande Spring.

Masih bingung, apa itu Evergrande? Perusahaan China ini lebih dikenal sebagai raksasa properti, khusus bisnis real estatenya saja sudah memiliki lebih dari 1.300 proyek di lebih dari 280 kota di China.

Dalam catatan detikcom, dari laporan CNN diketahui Evergrande saat ini harus membayar bunga atas beberapa pinjaman bank. Pembayaran bunga dengan total lebih dari US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun (kurs dolar Rp 14.274) akan jatuh tempo pada akhir pekan ini.

Perusahaan juga menyebut penjualan aset properti yang dimiliki tidak mampu melunasi utang yang terlampau amat besar, yakni mencapai US$ 300 miliar atau sekitar Rp 4.275 triliun.

"Sepertinya mereka sedang mengerjakan restrukturisasi utang setelah tidak ada hasil nyata pada pelepasan aset, dan tugas pertama adalah menstabilkan pemegang produk manajemen kekayaan yang bisa menjadi masalah sosial," kata Daniel Fan, analis kredit di Bloomberg Intelligence.

Jadi, sudah paham kan apa itu Evergrande?

Simak juga Video: Biden Tak Ingin Cari Perang Dingin Baru, Singgung China?

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ara)