Bulog Sudah Serap 1 Juta Ton Beras Petani Lokal Per September 2021

Yudistira Imandiar - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 16:30 WIB
BULOG Sudah Serap 1 Juta Ton Beras Petani Lokal hingga September 2021
Foto: Dok. Bulog
Jakarta -

Perum Bulog melaporkan telah membeli 1 juta ton beras dari petani lokal sampai dengan 22 September 2021. Bulog melibatkan kelompok tani/gapoktan, penggilingan dan berbagai stakeholder lainnya dalam penyerapan stok beras lokal.

Sekretaris Perusahaan Perum BULOG Awaludin Iqbal mengatakan realisasi pengadaan beras dalam negeri per hari ini mencapai 1.003.088 ton yang tersebar di semua wilayah kerja Perum BULOG seluruh Indonesia.

"Keberhasilan kita dalam melakukan penyerapan beras dalam negeri ini merupakan kerja keras Satuan Kerja Pengadaan (Satker ADA) Perum Bulog dan komitmen mitra kerja yang tidak henti-hentinya menyerap beras di tingkat petani," jelas Awaludin dalam keterangan tertulis, Rabu (22/9/2021).

"Tercatat dari awal tahun 2021 hingga per hari ini beras dalam negeri sudah terserap sebanyak 177 ribu ton setara beras oleh Satker ADA dan penyerapan yang dilakukan oleh mitra kerja binaan (Koperasi dan Non Koperasi) sebanyak 826 ribu ton," imbuhnya.

Ia menerangkan penyerapan beras dalam negeri sangat membantu petani Indonesia yang kesulitan menjual beras mereka selama pandemi COVID-19. Selain itu, Awaludin menyebut penyerapan stok juga berdampak pada stabilitas harga di tingkat petani.

"Selain untuk memupuk stok sebagai cadangan beras pemerintah, kegiatan penyerapan gabah/beras petani dalam negeri ini juga menggerakkan perekonomian di tingkat petani sehingga dapat memulihkan roda perekonomian sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi selama pandemi COVID-19 ini," papar Awaludin.

Ia menyampaikan karyawan Bulog bekerja siang dan malam dengan pola shifting di tengah situasi pandemi COVID-19. Dengan begitu, kegiatan operasional di Perum Bulog termasuk kegiatan penyerapan gabah/beras dalam negeri tetap terlaksana dengan baik.

(akd/hns)