40 Ribu Buruh Disuntik Vaksin Biar Ekonomi Jalan Lagi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 20:28 WIB
Vaksinasi pelajar di Ponpes Baitussalam, Prambanan, Sleman
Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom
Jakarta -

Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali menggelar vaksinasi untuk buruh. Kali ini, vaksinasi massal digelar di Pimpinan Unit Kerja KSPSI PT Agarindo Bogatama, Tangerang, Banten, Rabu (22/9/2021).

Ini merupakan gelaran kelima kalinya yang dilakukan oleh KSPSI bersama Polri. Sebelumnya, kegiatan serupa digelar di PT Victory Chingluh Tangerang, PT Kahatex Sumedang, Purwakarta dan lainnya. Total vaksin yang sudah diberikan ke buruh di lima lokasi tersebut berjumlah 40 ribu vaksin.

Adapun program bertajuk Vaksinasi Presisi Polri Bersinergi dengan DPP KSPSI di PT Agarindo Bogatama kali ini menargetkan 2.000 buruh sebagai penerima vaksin.

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mau memberikan perhatian lebih kepada para buruh melalui program vaksinasi.

Kemudian, Andi Gani juga mengapresiasi Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto dan Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro yang ikut berperan aktif dalam kegiatan vaksinasi buruh.

"Terima kasih kepada Kapolri yang memiliki perhatian sangat besar terhadap buruh Indonesia. Vaksin Presisi ini diharapkan agar dalam bekerja buruh tidak lagi was-was terpapar virus Corona," katanya.

Andi Gani mengatakan, percepatan vaksinasi di kalangan buruh membuat perlahan kepercayaan diri industri bisa bangkit. Menurutnya, buruh memegang peranan penting dalam roda ekonomi dan kemajuan ekonomi nasional.

Untuk itu perlindungan kesehatan pekerja diperlukan agar tercipta produktivitas yang baik sehingga dapat turut serta menjaga perekonomian nasional di masa pandemi.

Andi Gani bilang, vaksinasi akan menciptakan herd immunity di kalangan buruh. Namun, ia tetap meminta kepada para buruh menjaga protokol kesehatan.

"Kami selalu ingatkan bahwa meskipun sudah divaksin tetap harus menjalankan protokol kesehatan secara konsisten," ujarnya.

Dirinya juga memastikan Vaksinasi Presisi Polri Bersinergi dengan DPP KSPSI ini akan terus dilakukan di seluruh wilayah Indonesia agar buruh terlindungi.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto ikut menyampaikan ucapan terima kasih kepada KSPSI atas kerja sama dan sinergitas yang telah terbangun. Salah satunya dalam menyukseskan program percepatan vaksinasi untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Banten.

"Keberhasilan percepatan program vaksinasi ini tidak terlepas dari dukungan dan sinergitas dengan semua komponen masyarakat termasuk kalangan buruh. Apalagi saat ini Polda Banten dalam program vaksinasi ini menargetkan 19.500 orang per hari. Ini membutuhkan dukungan semua pihak termasuk buruh," katanya.

(acd/dna)