Begini Peran Transportasi Laut buat Genjot Ekonomi Nasional

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 23 Sep 2021 08:18 WIB
Seorang petugas Shell sedang melakukan pengecekan produksi pelumas Shell Marine 40 di Pabrik Shell LOBP Marunda pada Selasa (22/2/2018). Produk Shell Marine 40 yang dirancang khusus untuk merawat dan mengoptimalkan kinerja mesin kapal penangkap ikan dan kapal tunda. Shell Marine 40 dilengkapi dengan aditif yang membantu mesin bekerja lebih efisien dan sekaligus menjaganya dari korosi.
Begini Peran Transportasi Laut buat Genjot Ekonomi Nasional

Direktur Kenavigasian, Hengki Angkasawan juga mengatakan bahwa peringatan Hari Menara Suar Indonesia dimaksudkan agar kita semua dapat mengingat kembali betapa pentingnya fungsi dan peranan menara suar bagi indonesia khususnya dan dunia pelayaran pada umumnya.

"Menara Suar sebagai sarana bantu navigasi pelayaran merupakan salah satu komponen dalam penyelenggaraan kenavigasian guna mendukung keamanan dan keselamatan pelayaran, perlindungan lingkungan maritim termasuk sebagai salah satu sarana untuk memperkuat batas wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia", kata Hengki.

Lebih dari itu, lanjut Hengki bahwa keberadaan Menara Suar dan pengabdian para Petugas Menara Suar yang tidak kenal menyerah sudah selayaknya mendapat apresiasi yang pantas dari seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat maritim di indonesia maupun di dunia. Hal ini juga seiring dengan posisi Indonesia sebagai negara maritim dan negara kepulauan terbesar di dunia yang sesuai dengan karakteristik kemaritimannya duduk sebagai Anggota Council dalam International Maritime Organization (IMO).

"Seiring dengan semangat penguatan karakter kemaritiman Indonesia dalam kampanye Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia, maka pengakuan dan perwujudan apresiasi terhadap Menara Suar dan Petugas Menara Suar melalui penetapan hari Menara Suar Nasional dipandang sangat penting untuk dilakukan dalam momentum tepat ini," ujar Hengki.


(fdl/fdl)