Sri Mulyani ke Maba STAN: Apa Kalian Bisa Dipercaya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 23 Sep 2021 16:15 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Tahun ini Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN kembali membuka penerimaan mahasiswa baru. Totalnya ada 400-an mahasiswa baru yang diterima PKN STAN, ada jalur reguler dan penugasan belajar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan para mahasiswa STAN bukan lah mahasiswa biasa. Mereka yang masuk STAN akan menjadi calon punggawa negara, para mahasiswa ini nantinya akan menjadi pengawal, pengelola, sekaligus penjaga keuangan negara.

Seperti diketahui, PKN STAN adalah perguruan tinggi kedinasan yang dikelola Kementerian Keuangan. Kebanyakan lulusan STAN akan diproyeksikan menjadi punggawa keuangan pemerintah.

"Kalian yang memilih STAN artinya kalian memilih untuk mengabdi di negara ini, kalian akan jadi punggawa negara. Kalian akan jadi pengawal dan pengelola, sekaligus penjaga keuangan negara," ungkap Sri Mulyani dalam acara closing ceremony Dinamika PKN STAN 2021, Kamis (23/9/2021).

Sri Mulyani pun memberikan satu pesan penting kepada para mahasiswa baru STAN, sebagai calon punggawa keuangan negara. Menurutnya, para mahasiswa baru STAN harus bisa mendalami dan memiliki sifat integritas.

Seorang punggawa keuangan negara menurutnya harus bisa dipercaya dan bisa menjalankan tugasnya secara jujur dan baik.

"Sebagai pengelola keuangan negara hal paling penting adalah apakah kalian bisa dipercaya? Kalau mau dipercaya Anda harus tahu nilai integritas, itu adalah syarat yang tidak bisa dikompromi," kata Sri Mulyani.

Dia memberi contoh sifat integritas bisa dipelajari di lingkungan kampus, misalnya dengan mengikuti kegiatan mahasiswa macam senat atau badan eksekutif. Ataupun ikut dalam berbagai kegiatan atau acara kampus.

Paling penting menurutnya, bila sudah dapat amanah harus dijalankan secara sungguh-sungguh. Kewajiban dan tanggung jawab harus dipenuhi secara baik. Bila tidak siap, dia meminta jangan pernah mengambil amanah apapun dalam kegiatan kampus.

"Jangan ambil jabatan tapi tidak siap dan tidak mau menjalankan kewajibannya atau tanggung jawabnya. Pertanggung jawabkan setiap yang diamanahkan kepada Anda secara sungguh-sungguh, dan sejujur-jujurnya. Ini lah yang dinamakan integritas," ungkap Sri Mulyani.

Simak juga Video: Sri Mulyani Jelaskan 7 Agenda Keuangan yang Dibahas di KTT G-20

[Gambas:Video 20detik]




(hal/dna)