Puan: Transformasi Digital UMKM Bantu Tingkatkan Perekonomian Rakyat

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 23 Sep 2021 18:15 WIB
ketua dpr puan maharani
Foto: Dok. Istimewa

"Termasuk dari segi kompetisinya. Sehingga sebagai tulang punggung perekonomian, UMKM harus terus diperkuat lewat berbagai program, salah satunya dengan program Transformasi Digital UMKM Presisi," ujar mantan Menko PMK tersebut.

Puan mengingatkan, penguatan UMKM merupakan kerja bersama anak banga untuk memperkuat perekonomian nasional. Gotong royong pemerintah dan swasta lewat penguatan UMKM diharapkan bisa membantu memulihkan perekonomian setelah terimbas pandemi Covid-19.

"Pemerintah sudah memberikan berbagai bantuan untuk pelaku UMKM, tapi kalau ditambah dengan program lain, UMKM akan semakin kuat. Pada akhirnya, peningkatan perekonomian nasional juga akan kembali dirasakan oleh rakyat," tutur Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR itu pun menyoroti tingginya traffic penggunaan e-commerce di Indonesia dalam transaksi jual-beli. Puan menyebut, pertumbuhan transaksi online juga akan memudahkan masyarakat.

Akan tetapi, Puan menilai, melakukan transformasi digital itu tidak segampang men-download aplikasi, karena memerlukan perubahan pola pikir dan pola kerja.

"Maka perlu program pendampingan kepada UMKM-UMKM yang mau go digital, supaya transformasinya lebih mulus, lebih rapih, dan tentu supaya UMKM kita bisa makin cepat naik kelas," ujarnya.


(ang/ang)