10 Jabatan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 24 Sep 2021 10:47 WIB
Ilustrasi Uang Rupiah
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Gaji biasanya menjadi salah satu pertimbangan penting ketika seseorang ingin melamar pekerjaan. Sebelum menentukan pilihan untuk mengirim surat lamaran kerja, tidak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu profesi dengan gaji paling tinggi.

Berdasarkan laporan Talent Trends 2021 yang dikutip detikcom dari Michael Page, Jumat (24/9/2021), terungkap 10 profesi dengan gaji tertinggi. Laporan tersebut menampung tanggapan dari 420 perusahaan dan 3.420 karyawan di Indonesia dan 5.500 bisnis dan 21.000 karyawan di seluruh Asia Pasifik.

Laporan survei komprehensif tersebut memberikan wawasan baru dan sentimen pasar untuk pasar perekrutan di industri utama. Berikut 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia:

1. C-suite roles
Posisi eksekutif di perusahaan ini biasanya berada di urutan teratas daftar pekerjaan dengan bayaran tertinggi. Gaji Chief Financial Officer, Chief Executive Officer, Chief Operating Officer berkisar dari Rp 137 juta hingga Rp 250 juta, dalam disiplin ilmu dari Properti & Konstruksi, Konsumen & Ritel, Bisnis & Layanan Keuangan hingga Industri & Manufaktur. Dan seperti peran lainnya, remunerasi untuk peran c-suite didasarkan pada pengalaman kandidat, ukuran perusahaan, dan sektor.

2. Kepala Bagian Keuangan
Kepala Keuangan pada dasarnya bertanggung jawab atas keuangan organisasi, mengawasi anggaran di berbagai departemen, melakukan manajemen risiko, mengevaluasi investasi dan memastikan bisnis tetap menguntungkan. Tak mengherankan gajinya berkisar antara Rp 115 juta sampai Rp 115 juta.

3. Country Sales Manager
Country Sales Manager dapat memperoleh penghasilan hingga Rp 113 juta hingga Rp 175 juta, tergantung pada industri, ukuran perusahaan, dan volume penjualan untuk perusahaan. Mirip dengan peran manajer penjualan negara, Direktur Penjualan memperoleh penghasilan dari Rp 113 juta hingga Rp 175 juta, dengan tugas mengelola upaya strategis tim penjualan perusahaan dan memastikan tim memenuhi target penjualan yang diproyeksikan.

Lanjut ke halaman berikutnya

4. Kepala Manajemen Risiko
Pengemban jabatan ini dapat menghasilkan hingga Rp 150 juta dengan tugas melindungi perusahaan dari risiko di semua tingkatan, baik itu risiko keuangan, risiko kepatuhan, atau risiko strategis. Sebagai Kepala Risiko atau Direktur Risiko untuk sebuah perusahaan, seorang profesional harus memiliki gelar terkini, dan pengetahuan terkini tentang peraturan dan regulasi yang terus berubah. Karena peran ini adalah tentang pencegahan, itu adalah salah satu kunci dalam melindungi kepentingan perusahaan.

5. Direktur Pemasaran
Para profesional yang ingin naik ke posisi Direktur Pemasaran dapat memperoleh penghasilan dari Rp 110 juta hingga Rp 150 juta. Jabatan ini salah satu yang paling penting bagi perusahaan yang ingin memperoleh klien atau pelanggan baru, meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan pangsa pasar, di antara tujuan lainnya. Profesional yang memimpin fungsi pemasaran perlu seseorang yang inovatif, yang dapat mencoba hal-hal baru sambil memahami cara berbicara kepada pelanggan saat preferensi dan harapan mereka berubah. Tim pemasaran menjadi lebih kompleks dan tersusun sebagai tim yang bekerja sama menuju tujuan bersama.

6. Direktur Manajemen Proyek
Menjadi Direktur Proyek menjadi kunci untuk mengatur dan menyelesaikan proyek. Dari pekerjaannya mereka dapat menghasilkan gaji Rp 130 juta hingga Rp 140 juta. Ini adalah pekerjaan yang dapat mencakup sejumlah tanggung jawab, tergantung pada industri, proyek, dan ukuran tim yang dikelola.

Lanjut ke halaman berikutnya

7. Direktur Teknik
Direktur atau VP of Engineering memimpin departemen engineering sebuah perusahaan. Seorang direktur teknik di berbagai industri dapat memperoleh jumlah yang bervariasi, dari Rp 117 juta hingga Rp 129 juta. Seperti kepala departemen mana pun, direktur teknik merencanakan dan mengarahkan semua aspek kegiatan teknik mulai dari mempekerjakan dan melatih anggota tim baru hingga mengelola proyek dan anggaran teknik.

8. Direktur Rantai Pasokan
Direktur Rantai Pasokan bisa mendapatkan hingga Rp 103 juta. Pada intinya, rantai pasokan adalah konvergensi dari berbagai proses yang datang bersama untuk menyelesaikan tugas. Proses ini bervariasi dalam kompleksitas dan keragaman, tergantung pada sektor tertentu dan ukuran organisasi.

9. Kepala Pengadaan
Peran Kepala Pengadaan mengawasi pembelian perusahaan. Menghasilkan gaji hingga Rp 99 juta, kepala pengadaan bekerja sama dengan tim keuangan dan logistik untuk menetapkan strategi dan kebijakan pembelian sambil memenuhi anggaran perusahaan dan persyaratan operasional lainnya. Selain membuat keputusan yang menguntungkan, kepala pengadaan juga membutuhkan kombinasi riset pasar, manajemen, negosiasi, dan keterampilan komunikasi.

10. Kepala Bagian Hukum
Peran Kepala Hukum atau penasihat umum yang dipekerjakan oleh perusahaan publik lebih dari sekadar pengacara. Berpenghasilan dari Rp 57 juta hingga Rp 91 juta, pejabat hukum diharuskan untuk memanfaatkan pengetahuan industri dan berfungsi sebagai penasihat bisnis untuk CEO. Selain itu, penasihat umum perlu membantu mendorong efisiensi dalam organisasi mereka dengan memanfaatkan teknologi hukum.



Simak Video "Cek Syarat Penerima Subsidi Gaji Rp 1 Juta dari Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ang)