Penghasilannya Gede, Ini 5 Pekerjaan Freelance Yang Paling Banyak Diminati

Siti Fatimah - detikFinance
Jumat, 24 Sep 2021 11:46 WIB
Mobile Office at home. Young woman in pajamas sitting on bed at home working using on laptop pc computer. Lifestyle girl studying indoors. Freelance business quarantine concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/Iuliia Zavalishina

3. Layanan Dukungan Pelanggan dan Kantor

Akhir-akhir ini banyak kegiatan perusahaan yang dilakukan secara vritual, ada kebutuhan berkelanjutan untuk penyedia dukungan kantor lepas (seperti pemegang buku, manajer media sosial, dan asisten administrasi) serta profesional layanan pelanggan yang dapat menanggapi kebutuhan dan keluhan pembeli.

Flexjobs cenderung melihat rentang gaji untuk peran administratif dan dukungan jarak jauh dari US$ 15 atau sekitar Rp 213.663 hingga US$ 30 atau sekitar Rp 427.327 per jam, tergantung pada jenis pekerjaan yang didukung. Bagi asisten eksekutif yang berpengalaman sering kali diberikan tarif per jam yang lebih tinggi, hingga US$ 35 atau sekitar Rp 498.548 hingga US$ 40 sekitar Rp 569.770 per jam.

4. Layanan Dukungan Kesehatan Mental

Banyak orang yang membutuhkan konsultasi kesehatan termasuk kesehatan mental selama pandemi. Jadi, tidak mengherankan jika FlexJobs melaporkan peningkatan 28% dalam pekerjaan fleksibel di sektor kesehatan mental sejak 2019. Sementara sebagian besar jenis pekerjaan ini -termasuk pekerja sosial, terapis, dan psikolog- memerlukan gelar yang lebih tinggi.

Misalnya, Flexjobs saat ini memiliki daftar untuk advokat, yang merupakan posisi virtual untuk memberikan dukungan kepada korban kekerasan seksual. Jenis pekerjaan lepas ini membutuhkan enam tahun pengalaman.

Menurut Salary.com, tarif rata-rata per jam untuk pekerja lepas di bidang kesehatan adalah US$ 29 atau sekitar Rp 413.083 per jam, tarif sangat bervariasi tergantung pada spesialisasi, pengalaman, dan lokasi.

5. Jasa Desain dan Renovasi Rumah

Pasar perumahan yang sedang naik ini mendorong permintaan akan pekerja lepas yang dapat membantu penjual dalam menyiapkan pasar atau membantu pembeli memilih rumah yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di Freelancer.com, postingan untuk desain interior, arsitektur, dan desain rumah naik setidaknya 15% selama Q1 tahun 2021. Untungnya, Anda tidak perlu menjadi desainer atau arsitek yang terampil untuk mendapatkan keuntungan dari jenis pekerjaan lepas ini.

Apakah Anda memiliki keterampilan organisasi yang kuat? Anda dapat mendaftar sebagai penyedia layanan tukang di situs-situs seperti JiffyonDemand.com, dengan perkiraan bayaran US$ 40 atau sekitar Rp 569.770 hingga US$ 85 atau sekitar Rp 1.210.761 per jam.


(das/das)