Ini Dia Kepala Negara dengan 'Gaji' Tertinggi se-ASEAN, Jokowi Bukan Ya?

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 24 Sep 2021 17:25 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Ini Dia Kepala Negara dengan 'Gaji' Tertinggi se-ASEAN, Jokowi Bukan Ya?
Jakarta -

Setelah 10 kepala negara dengan penghasilan tertinggi di dunia, detikcom mengurutkan kepala negara yang memiliki penghasilan tertinggi se-ASEAN. Data dihimpun dari situs Zippia.

Dikutip Jumat (24/9/2021) Ternyata, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah menjadi kepala negara dengan penghasilan tertinggi se-ASEAN. Penghasilannya ditaksir sebesar US$ 1.986.768.000 setara Rp 28,3 triliun (Rp 14.272).

Dia juga menempati urutan ke-3 dalam daftar kepala negara dengan penghasilan tertinggi di dunia. Kedudukannya mengalahkan penghasilan Ratu Inggris, Elizabeth II hingga Raja Norwegia Harald V yang masing-masing memiliki penghasilan sebesar US$ 122.442.508 dan US$ 33.237.000.

Sedangkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berada di urutan 6 dalam daftar kepala negara dengan penghasilan tertinggi se-ASEAN. Penghasilannya ditaksir sebesar US$ US$ 51.600 setara Rp 736 juta.

Sementara, dalam daftar kepala negara yang memiliki penghasilan tertinggi di dunia yang dirilis Zippia, tidak ada daftar kepala negara Kamboja.

Berikut ini daftar kepala negara dengan penghasilan tertinggi se-ASEAN:

1. Brunei Darussalam

Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah menempati kedudukan pertama dengan penghasilan kepala negara tertinggi se-ASEAN. Penghasilannya tercatat sebesar US$ 1.986.768.000 setara Rp 28,3 triliun.

Sebagai informasi, Sultan Hassanal Bolkiah adalah salah satu raja absolut terakhir di dunia bersama dengan eSwatini, Oman, Arab Saudi, Kota Vatikan, dan Uni Emirat Arab. Tidak mengherankan, dengan semua kekuatannya, dia memiliki gaji yang luar biasa.

2. Thailand

Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn tercatat mendapatkan gaji sebesar US$ 84.000.000 setara Rp 1,1 triliun. Maha Vajiralongkorn adalah raja Thailand sejak 13 Oktober 2016.

3. Singapura

Presiden Singapura berada di urutan 20 dengan penghasilan sebesar US$ 1.442.000. Untuk Presiden Singapura saat ini diduduki oleh, Halimah Yacob.

4. Malaysia

Kepala negara/pemerintahan Malaysia memiliki penghasilan yang ditaksir sebesar US$ 263.500. Kini kepala negara Malaysia dipimpin oleh Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah ibni Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta'in Billah.

Malaysia sendiri kepala negara dan kepala pemerintah dipimpin oleh orang yang berbeda. Untuk kepala pemerintahnya sendiri dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Siapa lagi? lanjut halaman berikutnya.