Pertamina Gaet 250 UMKM Perluas Jaringan ke Pasar Global Lewat SMEXPO

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Senin, 27 Sep 2021 09:35 WIB
Pertamina
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Melalui Go Collaborative, PT Pertamina (Persero) menggandeng 250 UMKM untuk terlibat dalam Pertamina SMEXPO 2021. Pertamina memfasilitasi UMKM yang berpartisipasi untuk memperluas jaringan pemasaran di pasar domestik dan luar negeri.

Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman menyampaikan Pertamina akan terus berperan aktif sebagai lokomotif dalam mendorong perekonomian nasional. Melalui SMEXPO 2021, lanjut Fajriyah, UMKM Indonesia didorong untuk tetap bertahan bahkan bisa go internasional.

"Kita semua harus tetap berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya UMKM Indonesia, tapi juga Pertamina," sebut Fajriyah dalam keterangan tertulis, Senin (27/9/2021).

Ia menerangkan Pertamina menggandeng UMKM dari berbagai daerah di Indonesia untuk berperan serta di marketplace SMEXPO 2021. Pada marketplace tersebut, masyarakat dapat menemukan hingga ribuan produk UMKM berkualitas, asli karya anak bangsa.

Hampir senada dengan pelaksanaan Pertamina SMEXPO tahun lalu, Fajriyah mengatakan UMKM yang berpartisipasi dibagi dalam beberapa kategori, antara lain makanan dan minuman, busana, furnitur, kerajinan, agrobusiness, dan produk grosir.

"Kami telah mempersiapkan wadah bagi UMKM Indonesia untuk dapat mengembangkan pasar, tidak hanya domestik, tapi juga merambah luar negeri," cetus Fajriyah.

Fajriyah menambahkan Pertamina SMEXPO 2021 juga akan mengadakan TikTok Competition.

"Akan ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu Kategori Ceritakan Bisnismu, Kategori Share/Review Produk UMKM, dan Kategori Tarian Khas Kalimantan Timur. Dengan demikian, UMKM Indonesia juga dapat menyinergikan berbagai kanal media sosial untuk mempromosikan produk-produknya," terang Fajriyah.

Ia pun menegaskan pelaksanaan Pertamina SMEXPO 2021 merupakan salah satu langkah mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia yang akan dipusatkan di Kalimantan Timur pada Oktober 2021.

"Pertamina SMEXPO tentunya ikut mendukung acara yang memiliki semangat yang sama untuk kemajuan UMKM Indonesia," ungkap Fajriyah.

Kegiatan SMEXPO tahun lalu mendapatkan penghargaan Rekor MURI sebagai Expo UMKM secara Daring dengan Produk Terbanyak.

Fajriyah menginformasikan para pelaku dan penggemar produk UMKM bisa mengikuti akun IG @gen_umkm untuk mengetahui profil UMKM, beragam acara SMEXPO serta produk-produk unggulan UMKM

(akn/ara)