Kursi Erick Thohir dan 5 Bos BUMN Diambil Alih Perempuan Muda, Ada Apa?

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 27 Sep 2021 13:15 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Siti Fatimah/detikcom
Jakarta -

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengadakan program Girls Take Over, di mana kursi jabatan Menteri BUMN Erick Thohir dan 5 BUMN lainnya akan diambil alih oleh perempuan muda. Sebanyak lima kursi direktur utama BUMN tersebut antara lain Angkasa Pura I, Bank Mandiri, BRI, Kimia Farma, dan Telkomsel.

Menteri BUMN Erick Thohir menyambut baik kegiatan tersebut. Dia mengatakan, hal ini jadi program strategis sesuai dengan transformasi human capital di BUMN serta tujuan Woman Leadership di BUMN.

"Ini juga masuk ke salah satu kepemimpinan muda di BUMN yang kita ingin nantinya pemimpin BUMN ini di bawah 42 tahun dengan target 5% di tahun ini dan 10% di tahun 2023. Nah hal-hal ini tentu karena terjadi program yang menjadi bagian 2 payung (human capital dan woman leadership) tadi saya sangat menyambut baik," kata Erick di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (27/9/2021).

Setidaknya ada enam finalis yang akan memperebutkan keenam kursi panas tersebut. Mereka berasal dari berbagai daerah dengan pendidikan dan bidang pekerjaan yang berbeda-beda.

Menteri BUMN Erick ThohirFoto: Siti Fatimah/detikcom

Pada kesempatan tersebut, Erick juga sempat memberikan sejumlah bocoran diiringi guyonan bagi mereka yang ingin duduk menggantikannya sebagai Menteri BUMN. "Satu, untuk yang menggantikan saya, hari ini baru kenal ya jadi prosesnya butuh beberapa hari nanti saya minta hari ini mereka keliling Monas 10 kali karena perlu kuat fisik, karena jadi menteri perlu fisik," tuturnya.

"Kedua dijemur di matahari ya setengah hari karena mesti tahan panas, karena kursi menteri itu kursi panas. Nggak ya itu bercanda," guyonnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.