Akses cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Penerima Bansos

Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 28 Sep 2021 12:07 WIB
Ilustrasi THR
Foto: shutterstock
Jakarta -

Sejumlah batuan sosial (bansos) masih terus digulirkan pemerintah dalam rangka menjaga daya beli masyarakat di masa pemberlakuan PPKM. Sejumlah bansos ini diberikan melalui Kemensos dan Penerima manfaat bisa langsung dicek melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Terdapat sejumlah bantuan yang diberikan pemerintah melalui Kemensos seperti PKH, Kartu Sembako, dsb. Untuk bansos PKH diberikan pemerintah untuk masyarakat yang rentan dan miskin sesuai dengan indeks bantuan atau kebutuhan.

Besaran dana yang dapat diterima, nominal yang diberikan berbeda-beda antar keluarga. Besaran dana ini bergantung pada kondisi keluarga penerima manfaat.

Misalkan untuk keluarga penerima manfaat (KPM) yang memiliki anak usia dini dan ibu hamil diberikan Rp 3 juta per tahun. Sementara keluarga yang memiliki anak SD menerima Rp 900.000 per tahun, anak SMP Rp 1,5 juta per tahun, dan anak SMA Rp 2 juta per tahun.

Jika di keluarga tersebut ada penyandang disabilitas/lansia, maka bantuan yang berhak diterima adalah Rp 2,4 juta. Jika keluarga memiliki 2 orang anak SD, maka bantuan yang diberikan menjadi dobel, yakni Rp 900.000 ditambah Rp 900.000 per tahun.

Berikut cara cek bansos PKH melalui cekbansos.kemensos.go.id:

1. Kunjungi website https://cekbansos.kemensos.go.id
2. Isi data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat Anda tinggal
3. Ketik nama Anda sesuai KTP
4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
6. Lalu klik tombol cari

Demikian cara cek bansos PKH. Dalam laman cekbansos.kemensos.go.id, penerima manfaat juga bisa mengecek penerima manfaat bansos lain seperti Kartu Sembako.



Simak Video "Risma Sebut Berkas Pengaduan Bansos Sehari Bisa Setinggi 1 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)