Masih Bingung Vaksin Bio Farma Itu Jenis Vaksin Apa? Ini Penjelasannya

Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 28 Sep 2021 13:14 WIB
Kemasan vaksin COVID-19 diperlihatkan di Command Center serta Sistem Manajemen Distribusi Vaksin (SMDV), Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Vaksin Bio Farma/Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Jakarta -

Vaksin Bio Farma mulai banyak digunakan untuk vaksinasi COVID-19 di Tanah Air. Meski demikian, sejumlah masyarakat masih belum mengenali keberadaan vaksin ini.

Diketahui PT Bio Farma merupakan perusahaan farmasi yang ditunjuk pemerintah untuk melakukan distribusi vaksin-vaksin yang datang ke Indonesia. Bahkan Bio Farma juga memproduksi vaksin lho. Hanya saja produksi vaksin Bio Farma masih mengandalkan bulk (bahan baku) dari vaksin Sinovac

Melansir situs indonesiabaik.id yang dikelola oleh Kominfo, vaksin Bio Farma berisi vaksin Sinovac. Dengan kata lain kualitas dan isi dari vaksin Bio Farma ini sebenarnya sama dengan vaksin Sinovac, sebab kedua vaksin ini dibuat dari bulk yang sama.

Perbedaan kedua vaksin ini hanya terletak pada kemasan dan lokasi produksinya. Sementara vaksin dengan nama Sinovac atau CoronaVac yang disuntikkan dalam program vaksinasi COVID-19 adalah bahan jadi yang dikirim dari perusahaan Sinovac di China.

Keduanya merupakan vaksin produksi perusahaan Sinovac asal China yang menggunakan platform inactivated virus, sehingga tak dapat menginfeksi tubuh manusia dan bahkan mendorong terbentuknya imun dalam tubuh.

Meskipun kandungan dan profil untuk mutu, khasiat, serta keamanan vaksin yang diolah Bio Farma ini sama dengan yang diproduksi Sinovac, tetap perlu evaluasi khusus dan pemberian EUA yang terpisah.

Pada Februari lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga telah memberi izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Sinovac yang diproduksi oleh PT Bio Farma. Dengan begitu, vaksin Sinovac buatan Bio Farma sudah bisa digunakan dan dinyatakan aman dipakai.

Untuk vaksin Sinovac, izin penggunaan darurat (EUL) sudah didapatkan dari BPOM sejak 11 Januari 2021 lalu. Sementara untuk vaksin buatan Bio Farma telah mendapatkan EUL sejak 16 Februari lalu.

Selanjutnya vaksin Bio Farma telah diresmikan untuk didistribusikan dengan nomor EUA2102907543A1. Vaksin Bio Farma diberi nama vaksin COVID-19, di mana vaksin ini berisi 10 dosis 5ml per vial. Vaksin Bio Farma juga dilengkapi barcode untuk tracking agar mencegah pemalsuan.

Lihat Video: Kabar Terbaru soal Progres Vaksin Gotong Royong

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)