Anak Nia Daniaty Diduga Terlibat Penipuan CPNS, BKN: Jangan Percaya Calo!

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 28 Sep 2021 17:05 WIB
Pegawai Negeri Sipil (PNS) wajib mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni. Seperti yang terlihat di Gedung BKN, Jakarta, Sabtu (1/6/2019).
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Anak penyanyi Nia Daniaty, Olivia Nathania dan suaminya, Rafly N Tilaar dilaporkan ke polisi atas dugaan penipuan. Olivia Nathania dan suaminya ramai-ramai dipolisikan warga karena kasus penipuan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) sejak 2019.

Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja sama BKN Satya Pratama mengatakan masyarakat tergiur masuk CPNS dengan cara mudah karena tidak mengetahui prosedur pengadaan PNS yang benar.

"Banyak yang tertipu karena tidak paham prosedur pengadaan PNS," ujar Satya kepada detikcom, Selasa (28/9/2021).

"Jangan percaya calo, jangan percaya dengan pihak yang menjanjikan kelulusan karena itu pasti bohong. Laporkan bila ada pihak atau oknum yang menawarkan dapat membantu kelulusan. Kalau dimintai sejumlah uang untuk menjamin kelulusan, pasti penipuan," sambungnya.

Dia mengatakan, berdasarkan prosedur yang berlaku, proses pengadaan ASN atau PNS dilakukan secara terbuka dan diumumkan secara resmi baik di media massa dan media sosial pemerintah.

"Serta tidak ditarik biaya dan meminta uang. Jadi kalau misalnya ada yang menawarkan kemudahan masuk sebagai ASN/PNS tanpa seleksi sudah dipastikan penipuan," ujarnya.

Satya pun membagikan cara mudah mengenali ciri-ciri modus penipuan agar masyarakat tidak menjadi korban lagi. Terkadang modus penipuan seperti ini datang bukan hanya dari orang asing saja, termasuk seseorang yang dikenal.

Edukasi diri sendiri dan orang-orang di sekitar menjadi penting. Ciri-ciri penipuan rekrutmen CPNS di halaman berikutnya.