d'Mentor: 'Cara Mendeteksi Investasi Bodong'

dtv - detikFinance
Rabu, 29 Sep 2021 05:55 WIB
Jakarta -

Akhir-akhir ini makin banyak korban penipuan investasi bodong. Sekalipun sudah ada ratusan bahkan hingga ribuan investasi yang diblokir, namun praktik ini terus berulang dan memakan korban.

Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) mencatat sepanjang Januari hingga Agustus 2021 sudah ada 954 domain situs web investasi yang diblokir. Tidak hanya di dunia maya, modus penipuan investasi dengan titip dana juga gampang di temui di channel telegram hingga sosial media lainnya.

Rendahnya literasi keuangan dan sulitnya ekonomi di kondisi pandemi membuat investasi bodong tumbuh subur. Para oknum atau penipu menggunakan beragam modus mulai dari money game hingga skema ponzi, untuk mendapatkan korban.

Tentunya ada banyak pertanyaan di kepala, kenapa praktik seperti ini masih bisa tumbuh ? Bagaimana membedakan investasi legal dengan investasi bodong ? Apa yang harus dilakukan ketika terjerumus dalam jerat investasi bodong ? Nah itu semua akan kita bahas dalam acara d'Mentor. Selama satu jam ke depan, kita akan cari tahu langkah hingga tips agar tidak terperangkap dalam rayuan cepat untung investasi bodong.

d'Mentor kali ini mengundang Kepala Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing dengan topik 'Deteksi Investasi Bodong'. Buat kalian para detikers yang ingin bertanya bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar atau bertanya langsung dengan narasumber melalui ID dan password zoom yang tertera di layar nanti.

(edo/edo)