Mobil 'Penghancur' Xpander Ini Diluncurkan Lebih Cepat, Begini Spesifikasinya

Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 29 Sep 2021 11:15 WIB
Honda All New BR-V
Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar
Jakarta -

PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi telah mengeluarkan mobil dari segmen Low Sport Utility Vehicle (L-SUV) terbarunya pekan lalu. Tidak lama dari peluncurannya, PT Honda Prospect Motor (HPM) langsung memamerkan Honda All New BR-V di Honda Dreams Cafe di Senayan Park Jakarta sejak Rabu (22/9) kemarin.

Sebelumnya All New BR-V ingin diluncurkan bersamaan dengan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show. Hanya saja pelaksanaan pameran GIIAS ini sudah mundur dua kali akibat pandemi.

"Awalnya kami berencana meluncurkan All New BR-V di GIIAS. Tapi GIIAS sudah mundur dua kali jadi kami perlu merancang strategi kami. GIIAS kan dari Agustus lalu pindah ke September, terus pindah ke November," kata Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy.

Sebelumnya, Honda BR-V pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 silam dan menggunakan basis dari Honda Mobilio yang sudah lebih dulu diluncurkan di dipasaran. Layaknya Xpander Cross, BR-V kala itu juga merupakan MPV yang dipaksakan tampil menjadi SUV.

Namun tidak di generasi keduanya ini. All New BR-V kini tampak gagah dengan platform dan bahasa desain Honda yang baru. Di depan, desain grille-nya yang besar dengan model lampu utama yang meruncing, membuat tampilan All New BR-V ini sangat terasa berkarakter dan segar.

Jika melihat mobil ini dari samping, barulah aura BR-V lamanya terasa. Apalagi jika melihat garis atap dan desain dari pilar B ke pilar C nya. Khas SUV, ada wheel arch moulding yang menjalar mengelilingi mobil ini. Terus ada juga 'aksen' roof rail dari bahan plastik yang kini tampi ceper.

Masih dari samping, kaki-kaki All New BR-V juga sukses membuat tampilannya tambah gagah. Khususnya untuk tipe yang sedang kami lihat, All New BR-V Prestige Honda Sensing. Honda menyematkan pelek ukuran 17 inci dengan model yang kekinian dan tampak berotot.

Sedangkan tampak belakangnya, seperti ada hint Honda Brio baru. Tampilannya menjadi sangat sederhana, tampak pesek, dan desain lampu belakangnya terlihat sangat berkarakter. Belum lagi, aksen spoiler kecil di atas dan aksen diffuser warna aluminum brush di bawah yang khas mobil SUV.

Kesan SUV juga makin dipertegas dengan ground clearance yang lebih tinggi, yakni 220 mm. Secara dimensi, All New BR-V juga mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya, sekarang memiliki panjangnya 4.490 mm, lebar 1780, tinggi 1685, dan wheelbase 2.700mm. Sedangkan varian grade S lebih pendek, yakni 1,651 mm.

Secara keseluruhan, tampilan All New BR-V ini memang spesial. Menurut kami bagi yang tidak suka dengan model BR-V generasi pertama, rasanya bisa saja jatuh cinta dengan model All New BR-V terbaru ini.

Honda BR-V terbaru dilengkapi mesin yang sama dengan City Hatchback, yakni berkode L15ZF 1.500cc empat silinder i-VTEC DOHC bertenaga 121 PS pada 6.660 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Ada dua pilihan transmisi, yakni manual 6-percepatan dan CVT. Disebut All New BR-V lebih irit BBM 3 persen dari model sebelumnya.

Masih sama dengan saat peluncuran virtualnya, Honda Prospect Motor belum merilis secara resmi harga dari All New BR-V ini.

Konsumen yang melakukan pemesanan pada tahun ini baru akan dikirim mulai Januari 2022 dan untuk melakukan pemesanan Honda mematok harga mulai dari Rp 260 juta untuk tipe terendah dengan asumsi kondisi pajak normal alias tidak dikenakan relaksasi PPnBM.



Simak Video "Xpander Masih Inden, Mitsubishi Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)