Sri Mulyani ke Penerima Beasiswa: Ada yang Kirim Pesan, Bu Cariin Kerja Dong

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 29 Sep 2021 22:15 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Foto: Agung Pambudhy: Menkeu Sri Mulyani Indrawati
Jakarta -

Pemerintah memberikan beasiswa kepada 500-an penerima lewat program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan para penerima beasiswa menyiapkan diri untuk berkontribusi kepada negara.

Dia menegaskan mereka yang menerima beasiswa harus berpikir untuk memberikan sesuatu kepada negara, bukan hanya memikirkan apa saja keuntungan yang bakal diterima dari negara.

"Orang yang mendapatkan LPDP, di kepala dan hatinya adalah saya akan memberikan apa, bukan habis ini saya dapat keuntungan apa," kata Sri Mulyani saat memberikan arahan kepada mahasiswa LPDP, Rabu (29/9/2021).

Sri Mulyani mengatakan para mahasiswa juga jangan sampai terlena, setelah selesai studi akan mendapatkan kerja dari negara. Bahkan, Sri Mulyani sempat heran masih ada yang sudah dapat beasiswa tapi 'mengemis' pekerjaan.

"Jangan berpikir asyik saya dapat LPDP, saya mungkin dapat kesempatan kerja. Malah kadang masih ada juga sudah dapat beasiswa tapi kirimkan pesan ke saya 'Bu, saya cariin kerja dong'. Waduh," ungkap Sri Mulyani.

Sebagai kelompok yang mendapatkan keuntungan negara, menurutnya para penerima beasiswa LPDP harus bisa memberikan suatu kontribusi kepada negara tanpa harus diminta, dan meminta.

Salah satu yang diinginkan Sri Mulyani adalah, para penerima beasiswa LPDP mampu membantu Indonesia keluar dari jebakan negara dengan penghasilan menengah dengan talenta-talentanya.

"Karena Anda sukses jadi orang pilihan dan bekerja dengan baik, Anda harus ingat punya tanggung jawab besar untuk bawa Indonesia ke level top of the top," tegas Sri Mulyani.

(hal/hns)