Ini Pasar yang Wajib Pakai PeduliLindungi, Cek Lokasinya di Sini!

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 30 Sep 2021 14:52 WIB
aplikasi pedulilindungi mendag lutfi pasar
Ilustrasi/Foto: Aulia Damayanti/detikcom
Jakarta -

Pemerintah akan memberlakukan aplikasi PeduliLindungi untuk memasuki pasar tradisional. Beberapa sudah pasar mulai melakukan uji coba penggunaan aplikasi tersebut.

Seperti hari ini, Kamis (30/9/2021) Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengecek uji coba pemberlakuan aplikasi PeduliLindungi di Pasar Modern 8 Alam Sutera, Tangerang Selatan. Dalam kunjungannya, Mendag mencoba QR code yang tersedia. Kemudian, dia berkeliling pasar dan berdialog kepada pedagang.

"Pagi hari ini kita bersama-sama melihat ke Pasar 8 untuk kesiapan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk keamanan dan kenyamanan berbelanja di pasar ini. Saya berterima masih kepada pak wali kota dan pak Joko karena ini berjalan dengan baik dan bagus," kata Lutfi dalam konferensi pers di Pasar 8 Alam Sutera, Tangsel.

Mendag menyampaikan Pasar Modern menjadi salah satu pasar dari 6 daftar pasar yang ditetapkan untuk uji coba aplikasi PeduliLindungi. Rencananya akan ada 14 pasar lainnya yang juga menyusul menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Ini adalah salah satu pasar dari 6 pasar pertama yang diujicobakan untuk PeduliLindungi. Nanti rencananya ada 14 pasar lagi dan di seluruh Indonesia," jelasnya.

Namun, hari ini untuk Pasar Modern BSD belum mulai memberlakukan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Manejemen Pasar Modern BSD mengatakan rencananya pemberlakuan PeduliLindungi di Pasar Modern BSD baru berlaku pada pertengahan Oktober mendatang.

"Kita mulai di pertengahan Oktober," katanya.

Berikut 6 daftar pasar yang mulai dan akan memberlakukan aplikasi PeduliLindungi:

  • Pasar Mayestik di Jakarta
  • Pasar Blok M di Jakarta
  • Pasar Baltos di Bandung
  • Pasar Modern 8 Alam Sutera di Tangerang Selatan
  • Pasar Modern BSD di Tangerang Selatan
  • Pasar Wanadri di Semarang
(eds/eds)