Ini Daftar Pemuncak Klasemen Negara Paling Getol 'Putar Duit' di RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 01 Okt 2021 10:23 WIB
Ilustrasi investor saham
Foto: Ilustrasi: Luthfi Syahban
Jakarta -

Investasi asing tetap mengalir deras ke Indonesia meskipun di masa pandemi. Di paruh pertama 2021 saja sudah ada realisasi investasi sebesar Rp 442,7 triliun. Investasi ini masuk dari berbagai negara di Asia, Eropa, hingga Amerika.

Lalu, negara mana ya yang paling banyak tanam modal di Indonesia?

Menurut Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Singapura dengan total investasi US$ 4,7 miliar menjadi negara paling banyak berinvestasi di Indonesia.

Disusul Hong Kong dengan realisasi mencapai US$ 2,3 miliar. China justru ada di peringkat ketiga dengan realisasi US$ 1,7 miliar.

"Paling pertama ini ada Singapura dengan US$ 4,7 miliar, Hong Kong dengan US$ 2,3 miliar, Tiongkok US$ 1,7 miliar," ungkap Bahlil dalam webinar Forum Indonesia Bangkit CIMB Niaga, Rabu (29/9) lalu.

Yang menarik untuk disimak adalah suntikan investasi dari Belanda. Menurutnya, Belanda baru-baru ini merangsek ke dalam daftar 5 besar. Hal itu terjadi karena Belanda kini menjadi menjadi hub di Eropa.

Kontribusi Belanda sendiri masuk ke dalam posisi 4 investasi terbesar ke Indonesia dengan realisasi investasi mencapai US$ 1,3 miliar di semester pertama 2021.

"Eropa pun sekarang mulai jadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi alternatif. Setelah kami kaji data kami di kantor program kami di Eropa, Belanda ini sekarang jadi hub ketika Inggris keluar dari Uni Eropa," ungkap Bahlil.

Simak Video: 10 Negara Investor Terbesar di Indonesia

[Gambas:Video 20detik]