GoTo Jadi Mitra Pertama Kampus UMKM Bersama OJK

Khoirul Anam - detikFinance
Jumat, 01 Okt 2021 20:26 WIB
GoTo
Foto: GoTo
Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan GoTo menandatangani prasasti Kampus UMKM Bersama di GoTo UMKM Center, Solo Technopark. GoTo menjadi mitra pertama OJK untuk inisiatif peningkatan literasi keuangan UMKM.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Wimboh Santoso menyebutkan, hal itu sejalan dengan semangat OJK dan pemerintah untuk mencapai keuangan inklusif dan pemberdayaan UMKM.

"Saya setuju dengan yang disebutkan Bapak Wishnutama. Indonesia punya ruang tumbuh yang besar berbeda dengan negara lain. Indonesia memiliki penduduk yang banyak yang bisa dikembangkan termasuk literasi keuangan dan pemanfaatan teknologi. OJK sadar hal ini maka kami berusaha mengawal bukan membatasi. Kami juga berusaha membawa pemanfaatan teknologi kepada UMKM. UMKM harus bisa kita bimbing, didik dan tuntun untuk memanfaatkan teknologi. Terima kasih kepada GoTo dan ekosistemnya yang merangkul UMKM ke ekosistem digital," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (1/10/2021).

Ia berharap, adanya sinergi dalam program prioritas Kampus UMKM Bersama dan Program #BangkitBersama GoTo menjadi salah satu bentuk keberpihakan kepada UMKM lokal dan menjadi jembatan untuk mendukung perluasan ekosistem digital UMKM yang terintegrasi dari hulu sampai hilir.

Sementara itu, CEO GoTo dan CEO GoTo Financial, Andre Soelistyo, pihaknya berupaya untuk membantu pemulihan ekonomi melalui program tersebut.

"Kami lihat digitalisasi punya peran penting mengubah usaha offline yang tidak bisa buka karena pandemi bisa dijembatani. GoTo ingin terus berkontribusi supaya UMKM bisa tetap berjualan, bisa membantu operasional dan pengelolaan. Kami ingin terus berinovasi supaya bisa jadi jembatan. Inisiatif Bangkit Bersama kami susun supaya juga fokus di daerah agar lebih banyak UMKM bisa masuk ke ekosistem," terang dia.

Selain itu, lanjutnya, GoTo juga memiliki misi meningkatkan inklusi keuangan melalui layanan pembayaran, jasa keuangan, dan solusi bisnis di dalam ekosistem ekonomi digital.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan OJK untuk kolaborasi pelatihan UMKM secara holistik kepada UMKM lokal. Kami percaya hal ini akan mempercepat digitalisasi keuangan pelaku UMKM, meningkatkan daya saing mereka yang akan berkontribusi pada penguatan ekonomi daerah dan nasional," kata Andre.

Diketahui Kampus UMKM Bersama adalah program kolaborasi OJK, pelaku start-up, industri jasa keuangan, dinas/stakeholders terkait, dan perguruan tinggi untuk memberikan pelatihan secara end-to-end kepada kelompok UMKM tertentu agar siap naik kelas dan go-global.

Guna mempercepat pertumbuhan UMKM pasca pandemi, diperlukan penguatan kapasitas dan kapabilitas UMKM secara end-to-end dalam satu ekosistem terintegrasi berbasis teknologi yang mencakup penguatan kualitas manajemen, kualitas produk, akses pasar dan pembiayaan, kapasitas SDM, dan adaptasi penguasaan teknologi digital.

Adapun gerakan #BangkitBersama didukung oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, OJK, dan pemerintah daerah.

Sebagai informasi, peresmian GOTO UMKM Center dan peluncuran program #BangkitBersama dihadiri oleh Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Andre Soelistyo, dan CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya. Peresmian juga dihadiri oleh Komisaris Utama GoTo Garibaldi Thohir dan Komisaris GoTo Wishnutama Kusubandio.



Simak Video "GoTo Inisiasi Gerakan #BangkitBersama untuk Dukung UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/hns)