Buka Solo Great Sale, Menkop UKM: Belanja di Tengah Pandemi Ibadah

Ari Purnomo - detikFinance
Jumat, 01 Okt 2021 22:01 WIB
Teten Masduki
Foto: Kemenkop UKM: Menkop UKM Teten Masduki
Solo -

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki membuka gelaran Solo Great Sale (SGS) yang diadakan oleh Pemkot Solo bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Jumat (1/10/2021). Dalam sambutannya, Teten berharap gelaran belanja bertabur diskon dan hadiah ini dapat mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

"Saya mengapresiasi SGS, saat ini yang perlu digenjot adalah omzet UMKM. Karena itu gerakan menggenjot belanja UMK sekarang adalah gerakan yang tepat, belanja di tengah pandemi adalah ibadah," tuturnya saat sambutan di kompleks Stadion Manahan, Solo.

Dengan berbelanja tersebut, Menkop melanjutkan, maka akan membantu atau menolong banyak orang. Menurutnya, kegiatan ini juga bisa menjadi percontohan kota yang lainnya.

"Mudah-mudahan target Rp 800 miliar ini bisa melampaui dua kali lipat," tuturnya. Dia juga mengatakan, bahwa dalam gelaran SGS kali ini banyak pemanfaatan ekonomi digital, ecommerce, apayment, promosi dan lain-lainnya.

"Ini sejalan dengan semangat transformasi digital di kementerian koperasi dan UMKM," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, bahwa kegiatan yang dibuka hari ini sebagai langkah memfasilitasi bagi pelaku industri kecil.

"Kegiatan ini sebagai bentuk fasilitasi bagi industri kecil. Sekaligus agar industri kecil di Solo punya kecakapan digital dalam hadapi industri 4.0," urainya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, gelaran kali ini salah satu tujuannya adalah untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian di Solo. Mengingat, di masa pemanfaatan perekonomian cukup terdampak.

"Sekarang vaksinasi sudah mencapai 119 persen, launching SGS ini sangat pas untuk percepatan pemulihan ekonomi. Jangan takut beraktivitas tapi tetap jaga prokesnya," ungkapnya.

Untuk diketahui, SGS adalah program pesta belanja bertabur diskon yang diikuti ribuan mitra SGS, mulai dari restoran, hotel, pusat perbelanjaan, toko elektronik, hingga pasar tradisional. Selain diskon, SGS juga menawarkan undian berhadiah.

(hns/hns)