PON XX Bikin Denyut Nadi Ekonomi Papua Makin Kencang

Yudha Maulana - detikFinance
Sabtu, 02 Okt 2021 18:35 WIB
PON XX Denyut Nadi Ekonomi Warga Papua
Foto: Yudha Maulana/detikcom

Energi dari PON ini juga mendorong okupansi hotel-hotel dan bisnis mobil rental yang berada di Papua. Nus Tattisiana (45), pengusaha mobil rental mengaku sejak beberapa pekan terakhir telepon dari orang yang meminta jasanya tak pernah berhenti.

"Jadi ramai di sini, mobil rental juga sudah pada penuh. Karena banyaknya permintaan, harga rental mobil juga agak naik. Kapan lagi PON ini pesta rakyat," kata Nus.

Nus mengatakan, mobil rental ini biasanya digunakan untuk menjemput kontigen PON dari berbagai daerah. "Sangat ramai penjemputan kontingen masing-masing provinsi sangat dipersiapkan," katanya.

Ia pun mengaku kesulitan untuk mencarikan hotel atau tempat menginap bagi tamu-tamunya. Pasalnya, okupansi hotel sangat tinggi. "Dari Swiss Bell, Horison, Aston ada beberapa yang gak bisa dibooking karena sudah penuh," katanya.

"Tentunya kita sangat senang karena selama pak Jokowi memimpin PON bisa digelar di Papua," ujar Nus melanjutkan.

Pantauan detikcom di Bandara Sentani pada pukul 12.00 WIB, kontingen dari berbagai provinsi mulai berdatangan ke Jayapura. "Bandara ini memang ramai ya oleh yang bekerja, tapi baru seramai ini sekarang," tuturnya.


(yum/hns)