PPKM Berlanjut 2 Minggu, Blitar Uji Coba Level 1

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 04 Okt 2021 15:24 WIB
Jakarta -

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel 1-3 selama dua pekan berakhir hari ini, Senin (4/10/2021). Setelah dilakukan evaluasi, pemerintah memutuskan untuk kembali melanjutkan Pemberkaluan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 2 minggu ke depan.

"Dalam penerapan PPKM Level selama dua minggu kedepan, terdapat 20 Kabupaten/Kota yang bertahan di Level 2. Dan untuk yang di Level 3 bertambah dari 84 Kabupaten/Kota menjadi 107 Kabupaten/Kota karena kota-kota di level 2 yang sebelumnya mendapat dispensasi belum mampu mencapai target cakupan vaksinasi," kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pnadjaitan, dalam paparan virtual, Senin (4/10/2021).

Pemerintah juga mengumumkan akan mulai menerapkan PPKM level 1. Kota Blitar dipilih jadi wilayah yang akan dijadikan uji coba penerapan PPKM level 1 ini.

"Pemerintah akan melakukan ujicoba pemberlakuan PPKM Level 1 (New Normal) untuk Kota Blitar," tutur dia.

Luhut mengatakan, implementasi uji coba PPKM Level 1 diberlakukan karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan target cakupan vaksinasi dosis 1 sebesar 70% dan dosis 1 lansia sebesar 60%. Penerapan PPKM Level 1 ini akan mendekati aktivitas kehidupan masyarakat yang normal.

"Untuk mengimbangi hal tersebut, Tindakan surveillance, testing/tracing, dan peningkatan disiplin protokol kesehatan. Kami dan Menkes akan menurunkan tim khusus untuk memantau pelaksanaan PPKM Level 1 di Kota Blitar, sehingga nanti akan menjadi role model buat kota/kab lain," tandas Luhut.

(dna/dna)