Sri Mulyani Bilang BTS Masuk Kampung, Seriusan?

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 05 Okt 2021 11:01 WIB
pOster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengumumkan bahwa BTS masuk kampung. Maksudnya Bangtan Boys, boyband asal Korea Selatan? Tunggu dulu, BTS yang dimaksud di sini ternyata Base Transceiver Station (BTS) atau menara telekomunikasi.

"BTS Masuk Kampung," demikian keterangan dalam video yang diunggah di akun Instagram resminya, @smindrawati dikutip Selasa (5/10/2021).

Video yang diunggah Sri Mulyani berisi komik jenaka yang menampilkan pria berkumis dan seorang wanita. Pria itu menyampaikan bahwa BTS masuk kampung. Lalu wanita tersebut menghampirinya sambil menunjukkan ekspresi kegirangan karena yang dia kira BTS boyband asal Korea Selatan.

Dalam keterangannya, mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menyebut bahwa pada RAPBN 2022, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 27,4 triliun khusus untuk pengembangan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Belanja TIK akan disalurkan melalui belanja pemerintah pusat Rp 24 triliun dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar Rp 3,4 triliun.

"Salah satu belanjanya untuk penyediaan Base Transceiver Station (BTS). Sebanyak 9.586 BTS akan tersebar di lokasi desa tertinggal, terpencil, dan terluar. Tidak hanya itu, Pemerintah juga akan menyediakan akses internet di 20.965 lokasi pelayanan publik, penyediaan satelit multifungsi, pembangunan pusat data nasional, dan utilisasi Palapa Ring," sebut Sri Mulyani.

Pemerintah, lanjut dia ingin seluruh wilayah di Indonesia dapat menikmati kemajuan teknologi, yaitu dengan cara memperoleh akses internet yang lebih besar dan merata dimana saja.

"Saya harap seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati kemudahan dan pemerataan akses informasi karena ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya Indonesia," tutup Sri Mulyani.



Simak Video "Lagu BTS Masuk Daftar Lagu Terbaik Sepanjang Masa"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ang)