Anak BUMN Dorong UMKM Batik biar Lebih Maju, Begini Caranya

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 05 Okt 2021 10:21 WIB
Batik Lokal
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Pelaku UMKM batik terus didorong untuk bisa berkembang agar bisa berdaya saing. Salah satu caranya ialah meningkatkan kualitasnya sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Sejumlah pengusaha batik lokal mendapat pembinaan dari PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) agar produknya bisa merambah ke mancanegara. Contohnya seperti dua mitra binaan Pupuk Kaltim, yakni Batik Beras Basah dan Batik Kuntul Perak.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengatakan perseroan berkomitmen untuk mendukung batik sebagai warisan budaya Indonesia.

"Pupuk Kaltim juga melihat potensi batik lokal dengan corak dan motif unik, sebagai peluang usaha menjanjikan yang bisa digarap serius oleh masyarakat," ujarnya, Selasa (5/10/2021).

Rahmad mengungkapkan pihaknya juga berupaya mendorong para pelaku batik binaan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk, sekaligus menyasar potensi pasar dengan lebih luas.

"Bukan tidak mungkin batik Bontang bisa tembus pasar ekspor dan ini yang terus didorong Pupuk Kaltim untuk perkembangan batik mitra binaan, karena peluang dan daya saing itu harus dimanfaatkan dengan baik," ucapnya.

Sementara itu, Owner Batik Beras Basah Eko Widji Rahayu atau yang akrab disapa Ewied, mengatakan Pupuk Kaltim berperan penting terhadap kemajuan dan perkembangan usahanya, hingga menjadi salah satu batik kebanggaan masyarakat Bontang.

"Kini kami telah melayani berbagai permintaan pasar di dalam dan luar negeri, untuk berbagai jenis produk batik mulai kain hingga pakaian jadi dan lainnya," kata Ewied.