Indomie Diakui Jadi Mie Instan Terenak, Begini Kisahnya hingga Mendunia

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 05 Okt 2021 17:43 WIB

Dalam situs Indomie disebut, produk ini telah hadir di 80 negara di dunia. Negara-negara itu seperti Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Kanada, Asia, Eropa, Timur Tengah bahkan hingga Afrika.

Pada pemberitaan detikcom 2 Juni 2017 lalu, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Thomas Tjhie menyebut, salah satu penjualan Indomie terbesar ada di Afrika, khususnya di Nigeria. Di sana, Indomie menguasai pasar hingga 70%.

Kepopuleran Indomie tidak sampai di situ, Indomie juga resmi mejeng di Toko Online Jack Ma, mulai 2018 lalu. Hal itu bisa terjadi karena Alibaba Group dan Pemerintah Indonesia resmi meluncurkan Paviliun Indonesia di platform Tmall Global menjelang festival belanja terbesar di dunia, 11.11 Global Shopping Festival.

Tmall Global adalah platform dalam Tmall yang didedikasikan untuk membantu merek-merek dan pengusaha ritel internasional agar dapat menjangkau konsumen di China tanpa harus memiliki toko operasional di China.

Indonesia merupakan negara terbaru yang hadir di Tmall Global dengan beragam produk uniknya. Negara lain, seperti Malaysia, Thailand, Jepang, Selandia Baru, Spanyol, dan Amerika Serikat juga telah bergabung dalam Tmall Global.

Semakin populernya Indomie di seluruh dunia, induk produksi Indomie PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) kantongi laba Rp 1,73 T, atau naik 23%. Selain itu, perusahaan juga membukukan kenaikan penjualan neto konsolidasi sebesar 27% menjadi Rp 24,55 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 19,30 triliun.


(hns/hns)