RI Ekspor 2 Ton Daun Stevia ke Korea Selatan, Dipakai buat Pengganti Gula

Khoirul Anam - detikFinance
Kamis, 07 Okt 2021 09:26 WIB
Bea Cukai
Foto: dok. Bea Cukai
Jakarta -

Indonesia melalui PT Bejana Kasih Sempurna mengekspor dua ton daun stevia ke Korea Selatan. Bea Cukai Wilayah Sulawesi Bagian Utara turut memfasilitasi ekspor tersebut.

Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara Budi Santoso mengatakan, hal ini merupakan peran Bea Cukai sebagai fasilitator perdagangan.

"Ekspor perdana yang dilakukan PT Bejana Kasih Sempurna ini mengirimkan dua ton produk tanaman stevia yang merupakan pengganti gula tebu ke Korea Selatan," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (7/10/2021).

Tanaman stevia merupakan bahan pemanis pengganti gula tebu yang diklaim lebih sehat karena memiliki kalori yang rendah. Tanaman ini terbukti telah lama populer di negara-negara maju, seperti Korea dan Jepang.

Pasar tanaman stevia di luar negeri terbilang tinggi karena diproduksi sebagai pemanis pengganti gula tebu untuk produk makanan, minuman, dan kosmetik.

Budi mengungkapkan, pihaknya memberikan fasilitas ekspor bagi para pelaku usaha dalam negeri tidak semata sebagai pelaksanaan tugas dan fungsi yang melekat pada instansi. Hal ini juga ditujukan untuk meningkatkan daya saing para pelaku usaha dalam negeri, serta mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara juga menyatakan dukungannya terhadap kegiatan ekspor yang dilakukan oleh PT Bejana Kasih Sempurna.

"Beberapa waktu yang lalu Pemprov melalui Bapak Gubernur menyatakan akan selalu mendukung ekspor pertanian, terlebih beberapa waktu yang lalu Sulut melalui Bapak Gubernur Olly Dondokambey menerima penghargaan Abdi Bakti Tani langsung dari Presiden Indonesia," ungkap Yeittij Fonnie Roring, Kepala Dinas Perkebunan Sulawesi Utara.



Simak Video "Kuliner Kekinian Profit Pesat Buntung Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ara)