Dari Bankir Jadi Menkes, Budi Gunadi Ungkap 3 Tugas Khusus dari Jokowi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 07 Okt 2021 12:18 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin/Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Budi Gunadi Sadikin saat ini menjabat sebagai Menteri Kesehatan. Meski begitu, latar belakang Budi Gunadi sebetulnya jauh dari dunia kesehatan.

Dia ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan sejak Desember 2020 menggantikan Terawan Agus Putranto. Budi Gunadi sebelumnya lebih dikenal sebagai bankir.

Budi bercerita sebagai orang berlatar belakang bisnis dan ekonomi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya tiga tugas khusus untuknya dalam memimpin sektor kesehatan. Paling pertama adalah mensukseskan program vaksinasi.

Kedua, dia mendapatkan tugas untuk 'menjinakkan' pandemi COVID-19, minimal kasus bisa terkendali. Tugas yang ketiga adalah reformasi sektor kesehatan.

"Pak Presiden itu tugasin saya tiga hal, satu vaksinasi sukses, kedua atasi pandemi ini agar terkendali, dan ketiga reform kesehatan," ungkap Budi Gunadi dalam acara Indonesia Knowledge Forum 2021, Kamis (7/10/2021).

Sebagai mantan bankir dia mengatakan selama ini Indonesia punya sejarah untuk melakukan reformasi di tengah kondisi krisis. Buktinya pada krisis 1998

Dia bercerita di tahun tersebut perbankan Indonesia melakukan sederet reformasi. Nah di tengah pandemi COVID-19 dia pun mengatakan reformasi kesehatan di Indonesia akan digenjot.

Ada enam rencana besar reformasi kesehatan yang dia paparkan. Pertama, soal primary care atau perawatan kesehatan utama. Kedua, adalah mengenai second re-care alias layanan rujukan dan berobat jalan ke rumah sakit.

Kemudian rencana ketiga adalah memperkuat sistem ketahanan kesehatan. Disusul rencana keempat merancang sistem pembayaran kesehatan yang terjangkau dan semakin mudah.

Berlanjut ke halaman berikutnya.



Simak Video "Saat Jokowi Cerita Kuliah-Karier Menkes BGS yang 'Menyimpang' "
[Gambas:Video 20detik]