Pemulihan Ekonomi Bisa Dipercepat, Apa Kuncinya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 07 Okt 2021 17:33 WIB
Digitalisasi
Foto: internet
Jakarta -

Sebanyak 72 orang dari pengembang produk hingga pakar digital telah menyelesaikan pendidikan dalam program Happy Digital X. Mereka kebanyakan dari Indonesia dan Asia Tenggara.

Wakil Presiden dan Rektor Universitas Tsinghua, Yang Bin, mengatakan program Happy Digital X menawarkan pengalaman belajar yang luar biasa. Program ini memberdayakan peserta untuk bersama-sama menciptakan masa depan yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Sebagai komponen penting dari Strategi Global Tsinghua University, Tsinghua Southeast Asia Center didedikasikan untuk bertujuan untuk membangun platform kerja sama dan pertukaran antara Tiongkok, negara-negara Asia Tenggara, dan sekitarnya," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (7/10/2021).

"Besar harapan tulus kami bahwa langkah yang berarti dan upaya bersama ini akan terus membuahkan hasil untuk membangun dunia lingkungan yang berkelanjutan, dalam menghadapi tantangan yang terus berubah dan transformatif, terutama selama pandemi COVID-19 dan upaya pemulihan yang berkelanjutan masih berjalan," tambahnya.

Menteri BUMN Erick Thohir berharap, semua wisudawan program HDX mampu menguasai teknologi informasi untuk mempercepat penanganan pemulihan ekonomi nasional. Mereka, kata Erick, juga diharapkan bisa mengimplementasikan teori dan mata kuliah yang dipelajari untuk membantu negara agar tetap tangguh dan tumbuh.

Secara singkat, Erick mengatakan, Indonesia selama ini telah membuka akses bagi siapa saja yang ingin membangun kolaborasi secara intensif. Misalnya, dengan membangun kerjasama menciptakan sistem tata kota agar memberi kebahagiaan terhadap penduduknya.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim menyampaikan selamat atas kelulusan wisudawan program HDX Tsinghua tahun 2021. Ia berharap para peserta mampu berperan aktif dalam berbagai program yang sedang dijalankan pemerintah Indonesia.

"Dan semua tantangan ini harus dijawab dengan apa yang didapatkan oleh para lulusan wisudawan. Kebetulan kami memiliki program Merdeka Belajar sebagai program cara belajar yang mampu menghubungkan kebahagiaan antara guru dan murid. Nah, kolaborasi Kolaborasi ini harus menjadi kekuatan untuk membangun negeri," katanya.

Kota-kota di Indonesia dan Asia Tenggara tengah mengalami transformasi digital. Kota sebagai tempat bekerja dan berinteraksi pun mengalami perubahan yang cepat. Oleh karena itu Happy Digital X digelar untuk bertindak dan merespon kondisi perubahan ini.

Happy Digital X: Cities, System, Products and Services adalah program pendidikan profesional online dari Tsinghua Southeast Asia Center yang dilaksanakan di Kampus UID Bali, Indonesia. Program pendidikan profesional empat bulan berfokus pada praktik guna mengembangkan kemampuan para praktisi dalam mengembangkan kota-kota yang mewujudkan kebahagiaan dan berkelanjutan melalui keberhasilan implementasi teknologi informasi dan komunikasi.

(acd/dna)