Para Sultan Arab Super Tajir yang Punya Klub Bola Beken, Siapa Saja?

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 08 Okt 2021 16:41 WIB
Newcastle United resmi diakuisisi konsorsium milik Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Sosoknya yang kontroversial kembali disorot usai akuisisi Newcastle
Foto: Getty Images
Jakarta -

Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman yang resmi mengakusisi 100% Newcastle United, bergabung dengan 'klub' para sultan Arab yang memiliki kesebelasan sepak bola bergengsi. Ada siapa saja?

detikcom merangkum sejumlah klub sepak bola yang dimiliki oleh sultan Arab, dikutip dari berbagai sumber:

1. Emirati Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan

The Citizens, julukan Manchester City dibeli pada tahun 2008 oleh Emirati Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan.

Sheikh Mansour adalah perdana menteri Uni Emirat Arab, dan anggota keluarga kerajaan emirat Abu Dhabi.

Mansour juga memiliki beberapa klub sepak bola kecil di seluruh dunia, termasuk Melbourne City FC di Australia, dan New York City FC di AS.

Manchester City berada di peringkat ke-6 tim sepak bola termahal di dunia pada 2020 versi Forbes, nilainya sebesar US$ 4 miliar.

2. Abdullah bin Mosaad bin Abdulaziz al-Saud

Klub sepak bola Inggris Sheffield United yang bermarkas di kota Sheffield dimiliki oleh pengusaha Arab Saudi dan pangeran Abdullah bin Mosaad bin Abdulaziz al-Saud.

Pangeran Abdullah membeli 50% saham di Sheffield United pada tahun 2013. Pada tahun 2020, setelah pergulatan panjang di pengadilan dengan wakil ketua Kevin McCabe, dia mengambil kendali 100% atas klub tersebut.

Meskipun menjadi anggota keluarga kerajaan Saudi, dia membeli klub tersebut dengan uangnya sendiri, dan tidak berafiliasi dengan Dana Investasi Publik (Public Investment Fund/PIF) Saudi.

Dia juga memiliki al-Hilal FC yang berbasis di Dubai, sebuah waralaba dari Klub Sepak Bola Saudi Al Hilal yang sukses yang bermain di liga sepak bola kerajaan itu sendiri. Pangeran Abdullah sempat menjabat sebagai ketua klub Saudi di awal 2000-an.



Simak Video "Uangnya Tak Berseri! Sebelum Newcastle, MBS Caplok McLaren dan Pagani"
[Gambas:Video 20detik]