Keren! Puluhan Purwarupa buat Metrologi Mejeng, Ada Robot hingga Laser

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 09 Okt 2021 08:28 WIB
purwarupa
Keren! Puluhan Purwarupa buat Metrologi Mejeng, Ada Robot hingga Laser
Jakarta -

Puluhan purwarupa dipamerkan untuk kebutuhan metrologi nasional. Ada macam-macam bentuk purwarupa, mulai dari robot hingga instalasi uji meter air.

Purwarupa yang dihasilkan oleh Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) itu dapat digunakan dalam tiga lingkup bidang metrologi nasional yaitu metrologi legal, metrologi industri, dan metrologi ilmiah.

Untuk aplikasi bidang metrologi legal, Akmet telah membuat purwarupa terkait pembersih anak timbangan, perekam layer mass comparator, pengukur level tangki ukur silinder, meter kadar air (MKA) berbagai komoditas, segel elektronik, serta penguji Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT).

Kemudian robot pengukur jarak lintasan dan jari-jari Tangki Ukur Silinder Tegak (TUTSIT), timbangan untuk tarif logistik/paket, alat pengawas penakar BBM, instalasi uji meter air, penguapan ultrasonik untuk pemercepat penyiapan sampel MKA, robot pengangkat anak timbangan, alat ukur densitas anak timbangan, dan pengukur kualitas morfologi beras.

Untuk aplikasi pada bidang metrologi industri, purwarupa terkait kualitas minyak goreng, kualitas air minum isi ulang, kualitas tanaman, hidroponik otomatis, penyortir telur, dan pendeteksi kematangan buah sawit.

Untuk aplikasi bidang metrologi ilmiah, dihasilkan purwarupa neracaWatt, pengukur suhu nonkontak, pengukur objek berbasis kamera, pengukur ketebalan benda dari encoder printer, Laser Interferometer, dan alat bantu kalibrasi thermometer inframerah.

"Kami berharap purwarupa yang dihasilkan oleh para mahasiswa ini dapat memberikan manfaat di bidang kemetrologian. Kami juga berharap, di masa mendatang mahasiswa Akmet dapat semakin kreatif dalam menciptakan karya-karya inovatif," kata Direktur Akmet Endang Juliastuti dalam keterangannya seperti ditulis Sabtu (9/10/2021).

Endang mengatakan sebanyak 29 purwarupa proyek akhir turut dipamerkan. Dalam periode 2019-2021, Akmet telah menghasilkan 72 unit purwarupa untuk kebutuhan metrologi nasional.