Manusia Rp 1.400 Triliun Buka Gerai 7-Eleven Pertama di India

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 09 Okt 2021 15:30 WIB
Logo Sevel, 7 eleven
Manusia Rp 1.400 Triliun Buka Gerai 7-Eleven Pertama di India
Jakarta -

Orang terkaya di India, Mukesh Ambani menghadirkan gerai 7-Eleven pertama di negaranya. Mukesh membuka 7-Eleven lewat perusahaannya, Reliance Retail, yang dipimpin oleh putrinya sendiri, Isha Ambani.

"Toko 7-Eleven pertama akan dibuka di Mumbai pada hari Sabtu," kata pernyataan resmi dari Reliance Retail, dikutip dari CNN, Sabtu (9/10/2021).

Sebagai orang terkaya di India dengan kekayaan bersih US$ 99,1 miliar atau sekitar Rp 1.405 triliun (kurs Rp 14.200), Ambani memang telah memiliki bisnis yang luas. Tidak hanya ritel, bisnisnya juga ada di sektor energi, hingga telekomunikasi.

Lebih lanjut dalam pengumumannya, Reliance Retail mengatakan sejumlah gerai 7-Eleven yang dibuka menawarkan minuman dan makanan ringan kepada pelanggan sesuai dengan lidah masyarakat lokal.

Kesepakatan dengan 7-Eleven ini jadi upaya Reliance Retail untuk menyaingi Amazon dan Walmart (WMT). Isha Ambani mengatakan Reliance Retail bangga bekerja sama dengan 7-Eleven.

CEO 7-Eleven Joe DePinto menambahkan kerja sama dengan India akan menambah jutaan konsumen 7-Eleven. Mengingat negara itu, merupakan salah satu negara terbesar.

"India adalah negara terbesar kedua di dunia dan memiliki salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat. Ini adalah waktu yang ideal bagi peritel," tutupnya.

Sebelum sepakat kerja sama dengan 7-Eleven, untuk melawan Amazon dan Walmart, Reliance Retail membangun JioMart. Itu platform e-commerce yang dapat menawarkan segalanya mulai dari elektronik, pakaian, obat-obatan dan perawatan kesehatan.

(fdl/fdl)