Arab Saudi Buka Pintu Umrah Buat Jemaah RI, Garuda Siap-siap

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 09 Okt 2021 22:30 WIB
Beginilah potret ruang kemudi pesawat atau kokpit yang menjadi ruangan bagi sang pilot untuk mengendalikan laju pesawat terbang. Mulai dari lepas landas hingga kembali mendarat.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Ada kabar baik untuk masyarakat Indonesia. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengumumkan pemerintah Arab Saudi kembali membuka umrah untuk jemaah asal Indonesia.

Keputusan itu diketahui telah melalui pembahasan yang cukup lama pada level Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama.

"Maka Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada tanggal 8 Oktober 2021, telah menyampaikan hal-hal sebagai berikut, Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia," ujar Retno dikutip dari laman resmi Kemlu.

Menanggapi hal itu Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra, mengatakan pihaknya masih menunggu konfirmasi mengenai perizinan umroh untuk jemaah Indonesia.

"Kita masih nunggu finalisasi izin umroh," tuturnya kepada detikcom, Sabtu (9/10/2021).

Meski demikian, Irfan juga mengaku pihaknya siap untuk mempersiapkan penerbangannya.

"Tentu kita selalu mempersiapkan diri," tambahnya.