Gaji Bulanan PNS Ini Setara Mobil, Gedean Mana Sama yang di AS-Singapura?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 10 Okt 2021 20:33 WIB
Gaji PNS naik 5% Tahun Depan
Foto: Nadia Permatasari/Tim infografis detikcom
Jakarta -

Gaji PNS di Indonesia dinilai masuk dalam kategori yang cukup besar. Gaji abdi negara sendiri telah ditentukan dan disesuaikan dengan pangkat dan golongannya. Perbedaan besaran gaji PNS terletak pada tunjangan yang diberikan, tergantung pada seberapa besar tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Menariknya, ada salah satu PNS yang memiliki pendapatan tertinggi di Indonesia, yaitu di Kementerian Keuangan tepatnya Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Memang secara umum, semua PNS memiliki besaran gaji yang sama ditentukan oleh golongan dan masa kerjanya. Hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2019.

Untuk PNS golongan paling rendah yakni golongan I, gaji yang didapat sebesar Rp 1.560.800-2.686.500. Sedangkan untuk PNS dengan golongan paling tinggi yakni golongan IV, gaji yang di dapat sebesar Rp 3.044.300-5.901.200

Namun yang menjadi perbedaan adalah besaran tunjangan kinerja (tukin) PNS tergantung pada jabatan dan instansi. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) merupakan instansi dengan nilai tukin terbesar. DJP dipimpin Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo.

Kemudian untuk tukin PNS di DJP ditentukan oleh Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 37 Tahun 2015. Di mana tunjangan terendahnya ditetapkan sebesar Rp 5.361.800 untuk level jabatan pelaksana dan untuk level jabatan tertinggi yakni Eselon I atau Direktur Jenderal Pajak yang saat ini diduduki oleh Suryo sebesar Rp 117.375.000.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, meski besaran gaji PNS semuanya sama, berkat tukin itulah Suryo Utomo yang menjabat sebagai Dirjen Pajak bisa mendapat gaji di atas Rp 100 juta.

Besaran tersebut seharga dengan mobil Daihatsu Ayla 1.0 D dengan kategori Low Cost Green Car (LCGC). Pertama kali diluncurkan pada September 2013, harganya dibanderol mulai dari Rp 100 jutaan.

Lalu kalau mau dibandingkan, lebih banyak mana pendapatan Suryo Utomo dibandingkan dengan PNS dari negara lain? Buka halaman selanjutnya buat tahu lebih lengkap ulasan detikcom.