Insentif Cepat Cair, Segera Buka Dashboard Prakerja dan Ikuti Pelatihannya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 15 Okt 2021 13:56 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Insentif Cepat Cair, Segera Buka Dashboard Prakerja dan Ikuti Pelatihannya
Jakarta -

Peserta yang berhasil lolos seleksi Kartu Prakerja, segera buka dashboard Prakerja milikmu dan ikuti pelatihan yang tersedia. Peserta dapat ikuti pelatihan Prakerja dengan login ke laman prakerja.go.id.

Sebab, peserta yang lolos seleksi hanya punya waktu pembelian pelatihan selama 30 hari setelah menerima pengumuman di dashboard. Apabila peserta belum mengikuti pelatihan hingga lewat tenggat waktunya, maka kepesertaan akan langsung dicabut.

Sebagai informasi, sebelum mengikuti pelatihan, peserta akan mendapatkan notifikasi yang meminta peserta untuk menonton tiga video pengenalan Program Kartu Prakerja. Kemudian peserta mendapatkan nomor Kartu Prakerja dan saldo pelatihan di dashboard.

Bagi peserta program Prakerja yang telah menyelesaikan pelatihan pertama, mereka dapat segera menerima dana insentif dari Prakerja. Nantinya insentif program Prakerja 2021 yang dapat diterima oleh peserta terdiri dari 2 (dua) jenis, yakni insentif biaya mencari kerja sebesar Rp 600 ribu perbulan selama 4 bulan. Serta insentif yang kedua adalah insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp50.000 per survei.

Karena itu, bagi kamu yang berhasil lolos seleksi Kartu Prakerja, jangan sampai lupa untuk mengikuti pelatihannya ya.

Berikut cara mengikuti pelatihan Kartu Prakerja dikutip dari akun Instagram resmi Kartu Prakerja adalah sebagai berikut:ㅤ

1. Cek dashboard Prakerja untuk melihat 16 angka Nomor Kartu Prakerja dan memastikan dana pelatihan sudah tersedia.
2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Kariermu, atau Tokopedia.
3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu.
4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.
5. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima pengumuman yang ada di dashboard. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut.

"Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Gunakan 16 angka Nomor Kartu Prakerja untuk membeli pelatihan," tulis akun Instagram @prakerja.go.id.

Peserta diingatkan untuk menjaga kerahasiaan Nomor Kartu Prakerja agar dapat terus membeli pelatihan untuk meningkatkan kompetensi.

"Pastikan Sobat memilih pelatihan dengan seksama karena kesempatan Sobat untuk mengikuti program Kartu Prakerja hanya satu kali. Jadi, pilih pelatihan dengan bijak," tulis manajemen Kartu Prakerja.

Jika peserta mengalami kesulitan saat membeli pelatihan, peserta dapat menghubungi contact center mitra platform digital yang telah dipilih. Selain itu pada bagian dashboard Prakerja juga terdapat layanan bantuan.

(fdl/fdl)