Mentan Bidik Temanggung Jadi Lokasi Food Estate

Eko Susanto - detikFinance
Jumat, 15 Okt 2021 21:33 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat melihat lahan food estate di wilayah Bansari, Kabupaten Temanggung
Foto: Eko Susanto/detikcom

Sementara itu, Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan, Pemerintah Kabupaten Temanggung siap mendukung program dari Kementerian Pertanian dalam menyiapkan food estate.

"Program ini pasti akan bagus karena pertama akan mendapatkan asistensi program dalam budidaya, dalam pengelolaan hasil dan juga asistensi dalam marketnya," kata Khadziq.

"Yang kedua dengan program ini para petani akan mendapatkan bantuan pembiayaan dari KUR dengan syarat-syarat yang tentunya lebih mudah dibanding pembiayaan sektor-sektor lainnya," ujarnya.

Menurut Khadziq, lahan pertaniannya sangat subur dan sangat memungkinkan untuk dibangun food estate secara lebih luas.

"Kebetulan kita akan mulai sekarang bertepatan dengan menjelang musim hujan sehingga ini lahan juga sedang selesai dari masa tanam sebelumnya," kata dia.

"Harapannya di masa tanam yang baru ini akan semakin banyak kelompok tani bisa kita libatkan dalam program food estate ini. Dengan program ini kelompok tani yang terlibat nanti mendapat bantuan dan mendapat ilmu baru budidaya dan pengelolaan hasil," tuturnya.

Untuk lahan food estate, katanya, Mentan meminta lebih dari 250 hektar se-Kabupaten Temanggung. Kemudian khusus di kawasan Bansari nantinya sedikitnya 30 hektar.


(hns/hns)