Terpopuler Sepekan

Skema Baru Tunjangan Pensiun Digodok, PNS Bisa Dapat Rp 1 Miliar

Siti Fatimah - detikFinance
Sabtu, 16 Okt 2021 12:15 WIB
Para PNS di lingkungan Pemkot Jakarta Utara kembali beraktivitas di masa PSBB transisi. PNS yang masuk kantor hanya 50 persen, sisanya tetap bekerja dari rumah.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemerintah mewacanakan perubahan skema dalam pemberian tunjangan pensiunan PNS. Dari perubahan tersebut, PNS bisa mendapatkan tunjangan sampai dengan Rp 1 miliar.

Jika skema baru ini terealisasi, maka pemerintah juga dapat mengurangi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Itu yang dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo.

Tjahjo juga sebelumnya sempat berdiskusi dengan PT Taspen (Persero) mengenai kenaikan tunjangan pensiun PNS. Dia mengatakan, tunjangan pensiun PNS untuk jabatan tertinggi bisa ditingkatkan hingga Rp 1 miliar.

Dikutip dari pemberitaan detikcom, Sabtu (16/10/2021), berikut 4 poin mengenai rencana perubahan skema pemberian tunjangan pensiun PNS:

1. Nominal Rp 1 M Tak Berlaku untuk Semua Pensiun PNS

Tunjangan pensiun PNS disesuaikan dengan gaji pokok, masa kerja, golongan, dan jabatan masing-masing PNS. Nominalnya tak akan sama rata.

"Saya bicara masalah Taspen. Karena begitu PNS pensiun dari pemerintah dapat uang pensiun dari perhitungan gaji pokok dan masa kerja. Di samping itu dapat tunjangan pensiun dari Taspen," kata Tjahjo kepada detikcom.

Adapun jabatan tertinggi yang menurutnya bisa sampai Rp 1 miliar ialah pejabat eselon I dan II. "Bisa Rp 1 miliar kalau potongannya besar dan biasanya pejabat eselon I dan II," paparnya.

2. Tunjangan Pensiun PNS Selama Ini Kecil

Tjahjo juga bercerita pernah memperoleh tunjangan pensiun usai masa jabatannya sebagai Anggota DPR dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Saya selesai sebagai Anggota DPR 6 periode, dan sebagai Mendagri 5 tahun dapat tunjangan pensiun dari Taspen dan juga berlaku bagi seluruh PNS. Dan tentunya dilihat dari masa kerja, jabatan, dan golongan berapa," urai Tjahjo.

Namun, menurutnya, dikarenakan potongan bulanan untuk tunjangan pensiun kecil, ketika pensiun pun tabungan simpanan pensiunnya kecil.

"Taspen saya sebagai Anggota DPR dan Mendagri kecil menurut saya karena potongan bulanan kecil. Dan otomatis dapat pensiun dari negara setiap bulan lumayan di atas Rp 3 jutaan," imbuhnya.