Biar Nggak Kena Tipu, Ini 8 Cara Bedakan Emas Asli dan Palsu

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 16 Okt 2021 13:20 WIB
Seorang customer service Bank BNI Syariah cabang Benhil Jakarta Pusat menunjukkan logam mulia emas batangan berukuran 10 dan 100 gram, akhir pekan lalu. Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia, penjualan emas terus meningkat meskipun nilai tukar rupiah anjlok terhadap dollar AS. Jakarta (8/26/2013)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Emas merupakan salah satu instrumen yang bisa dipilih untuk berinvestasi. Tapi tahukah kamu bagaimana cara membedakan antara emas asli dan palsu?

Hal ini penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Dikutip dari logammulia.com, disebutkan ada beberapa cara untuk membedakan emas asli dan palsu. Berikut 8 di antaranya.

1. Ciri fisik

Emas asli dan palsu bisa terlihat dari fisiknya. Tanda khusus bisa terlihat di emas murni atau emas batangan. Seperti cap dan umumnya menggunakan satuan fineness, tapi lazimnya dikenal dengan menggunakan satuan karat dalam angka mulai dai 10K, 18K dan 24K.

2. Digosok

Emas yang sudah dibeli bisa dipegang dan digosok permukaan menggunakan tangan atau telunjuk. Jika setelah digosok warnanya pudar dan tidak seragam bisa dipastikan itu palsu.

3. Gigit Emas

Emas adalah logam mulia lunak dan mudah dibentuk. Jika penjual menawarkan emas dengan kadar tinggi bisa cek lunak atau tidaknya dengan cara paling mudah yaitu menggigit. Tapi jangan terburu-buru membeli karena ada juga bahan atau material penyusun emas seperti timah.

4. Dekatkan ke Magnet

Emas adalah logam yang memiliki sifat non magnetis. Ini artinya jika didekatkan ke magnet emas tidak akan menempel atau tertarik.

5. Menggoreskan di Keramik atau Kertas

Bisa menggunakan keramik atau kertas. Jika emas digoreskan ke keramik atau kertas tidak menyisakan bekas maka emas itu adalah asli. Apalagi tak ada goresan yang tertinggal bisa jadi petunjuk emas asli. Tapi ini berisiko merusak emas.

6. Meneteskan asam

Anda bisa meneteskan cairan asam. Jika berubah menjadi warna hijau, itu artinya logam adalah besi yang dilapisi emas. Jika berubah jadi warna susu maka itu adalah perak diberi lapisan emas.

7. Cek di Butik LM Terdekat

Bisa membawa ke butik Antam terdekat. Petugas akan membantu anda menentukan keaslian kadar emas yang terkandung di dalamnya.

8. Gunakan CertiEye

Anda bisa menggunakan CertiEye di smartphone untuk mengetahui apakah emas batangan asli atau palsu.

(kil/eds)