Petani Jagung Curhat Pasokan Air Susah, Erick Thohir Bilang Begini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Sabtu, 16 Okt 2021 14:40 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir kunjungan kerja di Lampung
Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom
Lampung -

Petani jagung di Lampung curhat ke Menteri BUMN Erick Thohir soal hambatan dalam menggarap lahan. Hambatan paling besar adalah sulitnya pengairan lahan di musim kemarau.

Petani bernama Sudibyo asal Desa Muaraputih mengatakan selama ini para petani jagung cuma bisa melakukan penanaman jagung sekali selama setahun. Hal itu terjadi karena kurangnya pengairan selama musim kemarau.

"Kalau di sini kan tani jagung tanamnya sekali pak setahun. Itu kalau kurang air susah kalau kemarau. Kami mohon bantuannya agar kami tambah bagus," ungkap Sudibyo saat berbincang bersam Erick Thohir, di Natar, Lampung, Sabtu (16/10/2021).

Menanggapi hal itu, Erick mengatakan dia pernah membaca suatu laporan yang menyebutkan bahwa penggunaan air pada sistem pertanian di Indonesia memang boros. Maka dari itu masih sering adanya keluhan kekurangan air.

Padahal ke depan untuk mendapatkan air di seluruh dunia semakin sulit. Bahkan, potensi kekurangan air makin nyata saat ini.

"Ini yang mesti dilihat air di dunia ini makin susah. Kalau makin boros cuaca makin panas akan bahayakan kekurangan air," ungkap Erick Thohir.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik