Daftar Pekerjaan Terancam Digantikan Robot, Punya Kamu Termasuk?

Siti Fatimah - detikFinance
Sabtu, 16 Okt 2021 19:20 WIB
Untuk meningkatan produksi dan efektif, teknologi collaborative robots (cobot) bisa menjadi andalan untuk menghasilkan cuan, khususnya di industri manufaktur.
Ilustrasi/Foto: Universal Robots

6. Petugas Pengepakan, Ruang Penyimpanan dan Gudang

Pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia ini dapat digantikan dengan robot. Salah satu yang sudah menerapkannya adalah Amazon.

7. Pekerja Farmasi

Sejumlah apotek menggantikan teknisi farmasi dengan mesin. Robot-robot itu melakukan pekerjaan seperti memisahkan dan menangani resep para pelanggan. Robot disebut membantu mencegah kesalahan saat bekerja. Inovasi ini juga hanya butuh ruang kecil karena hanya menggunakan seperti lengan robot.

8. Pengumpul Informasi, Analis dan Peneliti

Sejumlah firma hukum dikabarkan mengganti paralegal dan staf lain dengan pengacara e-discovery serta robot riset. Robot bisa menyisir banyak dokumen serta menemukan fakta yang relevan seperti data nomor ponsel dan email dengan kata kunci.

Sejumlah analis keuangan juga digantikan komputer yang dirancang untuk menganalisa dan menemukan pola serta tren dalam data keuangan.

9. Pilot

Drone otonom sudah digunakan militer AS untuk melakukan pengawasan. Bahkan kendaraan itu sudah bisa menyerang tanpa butuh bantuan. Di masa depan bukan tak mungkin drone bertambah canggih dan merambah ke sektor lain. Misalnya menggantikan pilot menerbangkan pesawat kargo.

10. Bartender

Sejumlah perusahaan sudah menggantikan bartender dengan sistem yang diprogram. Layanan seperti Briggo menggantikan manusia dengan robot untuk membuat minuman populer bahkan belajar membuat minuman baru.

11. Staf hotel dan layanan kamar

Ada beberapa hotel yang sudah mulai bereksperimen dengan mengganti staf hotel, seperti resepsionis dan pegawai room service oleh robot yang menyelesaikan tugas yang sama. Seperti semua teknologi lainnya, karena menjadi lebih efisien dan lebih diterima secara luas, banyak dari pekerjaan ini digantikan oleh robot dan komputer.


(hns/hns)