Jenius! Inilah Strategi Marketing Perusahaan Besar Gaet Konsumen

Angga Laraspati - detikFinance
Senin, 18 Okt 2021 14:14 WIB
Ilustrasi pertumbuhan bisnis.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Sebuah perusahaan tentu menginginkan produk-produk yang dihasilkan menjadi top of mind atau dikenal di masyarakat luas. Tak ayal, berbagai konten marketing dibuat mulai dari yang biasa-biasa saja hingga yang out of the box untuk mengejar konsumen.

Tentu bukan tanpa alasan konten marketing menjadi hal yang terus digencarkan. Melihat dari Statista, data di bulan Januari 2021 menyatakan terdapat lebih dari 4 miliar populasi digital global, dan 3,7 miliarnya adalah pengguna internet seluler.

Selain itu, statistik pemasaran konten B2C dari Content Marketing Institute (CMI) di tahun 2018 mengungkapkan 86% pemasar B2C menganggap pemasaran konten adalah strategi utama untuk menjangkau pelanggannya.

Dari data statistik tersebut, terbukti betapa powerfullnya content marketing dalam sebuah bisnis. Nah, dilansir dari Inc, ada beberapa perusahaan yang mempraktikkan ide-ide konten marketing unik untuk menggaet pelanggan dan bukan tak mungkin ide-ide tersebut dipraktikkan.

Hermes

Salah satu perusahaan fashion terbesar di dunia Hermes ternyata pernah membuka sebuah toko pop-up. Toko pop-up adalah toko yang hanya dibuka dalam jangka waktu tertentu saja yang biasanya berbentuk ritel kecil.

Strategi marketing inilah yang dijalankan oleh Hermes di beberapa kota. Bahkan, merk fashion asal Prancis ini pernah membuat layanan laundry tiruan di New York. Hermes pun juga menerapkan strategi ini ke China dan membuktikan upaya tersebut berhasil di pasaran.

Amazon

Perusahaan milik Jeff Bezos ini tetap menjadi raksasa e-commerce karena suatu alasan, yaitu konsistensi mereka dalam menyesuaikan strategi pemasaran. Setelah melakukan inovasi dengan menggunakan data untuk menjangkau pelanggan, kini Amazon menjadikan data tersebut sebagai personalisasi pelanggannya, agar mereka merasa dikenal oleh Amazon.

Netflix

Sebelum mengubah bisnisnya menjadi streaming online, ternyata Netflix adalah sebuah usaha penyewaan DVD, maka tidak heran jika perusahaan ini mempertahankan strategi pemasaran yang tangkas. Lalu, bagaimana mereka mengubah mindset konsumennya?

Netflix secara teratur berinteraksi dengan pelanggannya melalui sosial media dengan memposting beberapa konten yang ringan. Dengan ini, pelanggannya tetap terjaga dan terus mengikuti bisnis Netflix.

Taco Bell

Salah satu usaha makanan cepat saji ini merangkul media sosial untuk menjalankan strategi marketingnya. Alih-alih hanya memasarkan makanannya, Taco Bell punya beberapa konten untuk membuat sosial media tetap aktif dan hidup.

Seperti yang terlihat dari Twitter dan Instagramnya, Taco Bell menyambut Halloween yang biasa dilakukan setiap 31 Oktober dengan menampilkan sebuah ide kostum. Ada juga beberapa konten unik lainnya yang dibuat oleh Taco Bell. Bahkan, Taco Bell juga memasukkan lini pakaian buatan mereka dengan menggandeng Forever 21.

Itu tadi beberapa strategi marketing yang dilakukan oleh perusahaan besar hingga akhirnya bisa menggaet konsumen sebanyak-banyaknya. Dalam membuat sebuah strategi marketing yang kreatif, pastinya diperlukan peranti yang bisa mengakomodir para content creator menuangkan ide-ide gilanya.

ASUS, sebagai pemain utama di industri laptop di Indonesia pun tentunya perlu menyiapkan strategi yang tepat agar selalu selangkah lebih maju dibanding kompetitornya. Apalagi saat ini, kebutuhan atas laptop sudah semakin meningkat, mulai dari pengguna awal sampai ke content creator profesional.

Karena inilah, ASUS OLED hadir menjawab kebutuhan para content creator lewat varian laptop terbarunya yaitu ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582). Laptop ini dibekali dengan layar sentuh beresolusi 4K dan hadir dengan layar kedua ScreenPad™ Plus yang juga dilengkapi fitur touchscreen beresolusi 4K.

Laptop AsusLaptop Asus Foto: dok. Asus

ScreenPad™ Plus memungkinkan pengguna laptop ini untuk melakukan multitasking secara lebih nyaman dan telah dilengkapi dengan software yang dapat menghadirkan panel kontrol khusus untuk aplikasi editing dari Adobe, seperti Photoshop, Lightroom, After Effect, dan Premiere.

Laptop ini juga didukung hingga High Performance 10th Gen Intel® Core™ i9 dan GPU hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 yang sangat bertenaga untuk para content creator profesional.

(prf/hns)