Sri Mulyani Wanti-wanti 3 Tantangan yang Bisa Bikin RI Keok

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 19 Okt 2021 12:21 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hadir dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI. Rapat itu membahas pagu indikatif Kementerian Keuangan dalam RAPBN 2022
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Rengga Sancaya

Untuk itu, saat ini dunia sedang berikhtiar mencari cara untuk menyiapkan penanganan pandemi yang lebih baik. Dengan begitu jika pandemi muncul lagi dalam beberapa tahun ke depan, dunia sudah siap mencegah dampaknya sedini mungkin baik dari sisi korban jiwa, maupun dampak perekonomiannya.

Tantangan lainnya yang di depan mata adalah perubahan iklim karena memiliki konsekuensi yang sama dahsyatnya. Untuk menghadapi tantangan ini, seluruh dunia harus kompak bekerja sama karena perubahan iklim tak mengenal batasan negara.

"Ini tantangan yang sangat pelik karena membutuhkan desain, policy, mengubah dari sisi kegiatan ekonomi dan masyarakat, entah investasi, konsumsi, yang lebih makin menyadari peranan untuk menjaga lingkungan dan mencegah pemburukan climate change," jelas Sri Mulyani.

Tantangan yang terakhir adalah transformasi digital yang akan semakin dominan di masa depan. Sri Mulyani berharap generasi milenial di Indonesia ikut berkontribusi memberikan inovasi dan mengeksplorasi teknologi digital, alias tidak hanya sekadar mengadopsi teknologi digital dari negara lain.

"Indonesia secara demografi sebagian besar masyarakatnya merupakan generasi muda. Ini menguntungkan kita karena dengan masyarakat muda mereka relatif lebih mampu beradaptasi. Mereka tidak terkunci dalam mindset dan kekolotan yang menyebabkan kita tidak mampu berubah," tandasnya.


(aid/ara)