Jokowi Restui Pariwisata-Perdagangan Digenjot Lagi, Tapi Ada Syaratnya

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 20 Okt 2021 11:18 WIB
Jokowi Groundbreaking Pembangunan Smelter PT Freeport di Gresik
Foto: Tangkapan Layar (Foto: YouTube Channel Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merestui inisiatif Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) untuk menggerakkan kembali kegiatan perdagangan, pariwisata, dan investasi.

Hal itu disampaikannya dalam acara peresmian pembukaan Apkasi Otonomi Expo 2021, dilansir dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/10/2021).

"Pertama-pertama saya mengapresiasi inisiatif Apkasi untuk segera menggerakkan perekonomian daerah antara lain lewat expo ini," tuturnya.

Namun restu Jokowi itu tidak gratis. Dia mensyaratkan agar faktor kesehatan tetap menjadi prioritas yang harus dijaga.

"Saya setuju perdagangan, turisme, investasi harus mulai digerakkan. Jangan terlambat tetapi dengan catatan, kesehatan tetap nomor satu," ucapnya.

Jokowi mengatakan, perekonomian memang perlu digerakkan kembali dengan tidak mengabaikan masalah kesehatan. Disiplin protokol tidak boleh kendor dan vaksinasi harus terus dilanjutkan.

"Kemarin saya mendapat informasi kita sudah menyuntikkan 171 juta dosis ke rakyat kita dan target kita nanti sampai di akhir Desember. Akhir tahun itu minimal 270 juta dosis jadi masih banyak sekali dalam 2 bulan lebih ini yang harus kita lakukan utamanya berkaitan dengan vaksin dan saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan bapak ibu saudara-saudara bupati semua dalam vaksinasi di daerah," tuturnya.

(das/eds)