3 Tips Pilih Rekan Dagang agar Bisnis Makin Langgeng

Inkana Putri - detikFinance
Rabu, 20 Okt 2021 16:20 WIB
3 Tips Pilih Rekan Dagang agar Bisnis Makin Langgeng
Foto: Dok. ShopeePay
Jakarta -

Memilih rekan bisnis memang jadi hal penting bagi keberlangsungan dan kemajuan bisnis ke depan. Meski demikian, memiliki rekan bisnis yang tepat bukan jadi hal yang mudah.

Guna mendukung para pebisnis di Indonesia, ShopeePay kembali menghadirkan ShopeePay Talk dengan mengangkat tema 'Selektif Pilih Teman Dagang, Bisnis Makin Langgeng'. Melalui platform ini, ShopeePay menggandeng berbagai pakar untuk berbagi kisah mengenai lika-liku membangun bisnis dan faktor penting dalam memilih rekan bisnis.

"Kami menyadari bahwa fase awal membangun sebuah bisnis membutuhkan persiapan yang sangat kompleks. Untuk itu, menggandeng rekan bisnis dapat menjadi salah satu solusi efektif karena sinergi dari beberapa individu sekaligus dapat membantu meningkatkan efektivitas setiap proses yang ada di dalamnya," ujar Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Eka Nilam Dari dalam keterangannya, Rabu (20/10/2021).

"Namun, sama halnya dengan mempersiapkan modal dan strategi bisnis, memilih rekan bisnis yang tepat juga bukan perkara mudah dan butuh persiapan yang matang. Sejalan dengan komitmen kami untuk bertumbuh bersama bisnis dari berbagai sektor, ShopeePay Talk kali ini menghadirkan pandangan holistik seputar strategi mencari dan menjaga komunikasi yang sehat dengan rekan bisnis," imbuhnya.

Diungkapkannya, membangun bisnis bersama rekan yang tepat memang dapat meningkatkan performa bisnis. Sebab, rekan bisnis bisa menjadi wadah untuk memperluas perspektif, bertukar pikiran, menyeimbangkan beban pekerjaan, hingga sinergi modal usaha. Oleh karena itu, diperlukan penilaian secara objektif pada saat memilih rekan bisnis.

Buat kamu yang masih bingung memilih rekan bisnis, berikut tips dari para pakar.

1. Memiliki Keterampilan Berbeda

Mengembangkan bisnis bersama rekan dapat mulai dibangun dengan mencari rekan bisnis yang memiliki keterampilan berbeda. Pasalnya, setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Adapun keterampilan berbeda dapat membantu pemilik bisnis untuk saling melengkapi dalam mendorong perkembangan bisnis.

Co-Founder and Director of Anomali Coffee & Pipiltin Cocoa, Irvan Helmi mengungkapkan memilih rekan bisnis dengan keterampilan yang beda juga jadi hal yang ia lakukan. Dengan demikian, ia dapat belajar dari keterampilan yang dimiliki oleh rekan kerjanya. Meski memiliki skill berbeda, Irvan menyebut tetap diperlukan tujuan yang sama untuk mempermudah kemajuan bisnis ke depannya.

"Memilih rekan bisnis bukan hanya sekadar berlandaskan alasan sudah kenal baik sejak lama. Meskipun saya memilih menjadikan sahabat lama dan kakak saya sendiri sebagai rekan bisnis, saya tidak pernah mengenyampingkan kriteria utama yang saya cari dari seorang rekan bisnis yang baik, yaitu adanya perbedaan keterampilan untuk saling melengkapi," katanya.

"Di Anomali Coffee, saya lebih fokus menangani hal yang berhubungan dengan marketing dan kualitas produk, sedangkan rekan saya, Agam, menangani keuangan bisnis dan strategi bisnis secara garis besar. Alhasil, saya banyak belajar dari Agam tentang strategi menjalankan bisnis dan pengalaman tersebut saya terapkan saat saya membangun Pipiltin Cocoa bersama kakak saya," ujarnya lagi.

"Sedangkan, kakak saya yang memang lebih mahir di bidang marketing lebih fokus menangani strategi marketing Pipiltin Cocoa. Perbedaan keterampilan inilah yang dapat menjadi sebuah nilai tambah yang membuat kami memiliki perspektif yang lebih luas dalam mencapai tujuan bisnis," sambung Irvan.

Halaman selanjutnya harus komitmen dan bersikap profesional